JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hepatitis Akut, Gejala dan Pencegahannya

ilustrasi pasien hepatitis .pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyakit hepatitis akut telah menyebabkan tiga anak di Indonesia meninggal dunia. Lantas bagaimana mengenali gejalan dan cara pencegahannya?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Hanifah Oswari, menjelaskan, pada umumnya gejala hepatitis akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, dan kadang disertai demam ringan. Gejala ini bisa menjadi semakin berat, seperti air kencing berwarna pekat dan feses berwarna putih pucat.

Baca Juga :  Sederet Makanan Enak Ini Jadi Sumber Utama Penghasil Vitamin B12

“Bawalah anak-anak kita ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat,” ujar dia dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis, (5/5/2022).

Jika tidak segera dibawa ke fasyankes terdekat, anak bisa mengalami gejala sangat berat, seperti gejala kuning hingga penurunan kesadaran. Bila sudah begini, momentum dokter menyelamatkan pasien sangat kecil. “Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelamatkannya sangat kecil,” katanya.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

Lantas, bagaimana cara pencegahan penyakit hepatitis akut? Dilansir dari Twitter resmi Kementerian Kesehatan RI, Selasa, 3 Mei 2022, beginilah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengantisipasi penyakit ini:

– rutin cuci tangan pakai sabun;

– cuci seluruh bahan makanan hingga bersih;

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com