JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jangan Kalap, Menu Lebaran Ini Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Nasi Rendang . JSnews/Kiki Dian
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Setelah berpuasa satu bulan lamanya, kini umat muslim di seluruh dunia tengah merayakan Idul Fitri atau Lebaran. Salah satu yang khas dari lebaran di Indonesia adalah adanya sajian berbagai makanan khas Indonesia.

Ada berbagai makanan mulai dari aneka kue hingga makanan berat seperti, rendang hingga opor. Aneka makanan tersebut memang sangat mengoda untuk melahapnya.

Tetapi bagi penderita asam urat, perlu untuk memperhatikan pola makan, agar tidak kalap dan tetap sehat usai lebaran. Bagi penderita asam urat, ada berbagai makanan yang perlu dihindari, agar asam urat tidak menjadi kambuh dan parah. Lantas, menu Lebaran apa saja yang perlu dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat?

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

1. Rendang

Salah satu menu makanan yang tidak absen saat Lebaran adalah rendang sapi. Biasanya, rendang sapi disantap bersama dengan potongan ketupat dan sayur. Namun, bagi penderita asam urat, menu ini pantang untuk dikonsumsi. Sebab, melansir dari WebMD, bahan utama masakan ini, yaitu daging sapi, mengandung kadar purin tinggi yang bisa berakibat fatal bagi penderita asam urat.

2. Oseng jeroan

Siapa yang tidak suka jeroan? Bagian organ dalam sapi seperti hati, ginjal, dan otak sangat lezat untuk disantap bersama dengan potongan ketupat atau lontong sembari menikmati momen Lebaran bersama keluarga. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi para penderita asam urat. Sebab, dikutip dari WebMD, jeroan sapi mengandung kadar putin tinggi yang bisa memicu serangan asam urat bahkan memperparahnya.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

3. Ikan laut

Tidak jarang menu yang berbahan dasar ikan laut turut disajikan saat momen Lebaran tiba. Meskipun lezat, makanan laut seperti ikan harus dihindari bagi penderita asam urat. Dikutip dari Healthline, makanan laut mengandung purin tinggi yang bisa memicu serangan asam urat.

4. Kue-kue Lebaran

Saat Lebaran, beragam kue-kue Lebaran terjadi di meja dengan tampilan menarik dan menggugah selera. Namun, camilan kue Lebaran ini sebaiknya tidak dikonsumsi bagi para penderita asam urat. Sebab, melansir dari Ciputra Hospital, produk makanan tersebut mengandung bahan-bahan gula tambahan (fruktosa) dan beberapa diantaranya memiliki kandungan ragi yang dapat meningkatkan pembentukan asam urat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com