JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Baik, Jalan Solo-Purwodadi Tahun Ini Dijamin Bakal Mulus. Disiapkan Rp 200 Miliar, Mbak Puan dan Pak Menteri Sudah Oke

Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai meresmikan obyek wisata New Gunung Kemukus di Sumberlawang, Sragen, Rabu (27/4/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jalan raya Solo-Purwodadi dipastikan bakal mendapat gelontoran dana untuk perbaikan pada tahun 2022 ini.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikabarkan sudah mengalokasikan Rp 200 miliar untuk perbaikan ruas jalan antar provinsi tersebut.

Kepastian itu disampaikan Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng, Untung Wibowo Sukowati di Sragen, Sabtu (28/5/2022).

Kepada wartawan, ia menyampaikan salah satu sisi positif kunjungan Ketua DPR RI, Puan Maharani di Sragen beberapa waktu lalu adalah dorongan untuk perbaikan jalan raya Solo-Purwodadi.

Ruas jalan itu dinilai mendesak untuk diperbaiki guna mendukung akses kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Solo dan New Kemukus di Sumberlawang Sragen.

“Kemarin salah satu hasilnya, jalan Solo-Purwodadi akan dapat anggaran Rp 200 miliar dari pusat untuk perbaikan. Karena sebagian ruas ada yang belum baik dan itu untuk mendukung destinasi wisata di Solo dan sekitarnya kan banyak. Termasuk New Kemukus. Kemarin sudah diperkuat oleh Mbak Puan dan Pak Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR) sudah oke,” paparnya.

Baca Juga :  Sragen dalam Bingkai: Pameran Lomba Fotografi Memukau Meriahkan Hari Jadi ke-278
Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati. Foto/Wardoyo

Pria yang akrab disapa Bowo itu menguraikan kepastian anggaran perbaikan untuk jalan Solo-Purwodadi itu juga sudah dikonfirmasi ke bagian Dinas Bina Marga Provinsi.

Nantinya anggaran Rp 200 miliar akan dihibahkan dari pusat. Realisasi perbaikan jalan dipastikan digelar tahun 2022 ini dengan pelaksanaan semua ditangani langsung oleh pusat.

“Kemarin sudah konfirm dengan Kadinas Bina Marga. Realisasi tahun ini. Yang jelas ditarget tahun ini untuk bisa menyelesaikan ruas jalan Solo-Purwodadi. Nanti Rp 200 M itu dihibahkan tapi asetnya tetap milik daerah,” terangnya.

Baca Juga :  Sragen Runners 5K Kembali Digelar, Berikut Daftar Pemenangnya, Para Peserta Pelajar Mendominasi

Ditambahkan sejauh ini, sebagian ruas jalan Solo-Purwodadi memang sudah diperbaiki oleh provinsi. Namun ada beberapa titik yang kondisinya masih belum bagus.

Seperti di sebagian Mondokan, Sumberlawang dan Kalijambe. Bantuan anggaran dari pusat itu dinilai sangat positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan strategis pariwisata nasional salah satunya di Sragen Barat.

Karenanya, pihaknya berterimakasih atas kunjungan Ketua DPR RI berkunjung ke Sragen yang berimbas positif terhadap kebijakan di sektor pembangunan.

“Itulah salah satu sisi positif kerawuhan pejabat pusat ke daerah. Setidaknya mereka akan mengetahui kondisi di lapangan dan apa yang dibutuhkan untuk daerah. Seperti New Kemukus itu bisa dibantu dana puluhan miliar dari pusat sehingga bisa menjadi bagus saat ini. Kalau hanya mengandalkan APBD nggak mampu,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com