JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi makan. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makanan dan minuman merupakan sumber utama untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Jika kehilangan nasfu makan maka dapat menyebabkan kekurangan gizi dan penurunan berat badan.

Oleh karena itu nasfu makan atau keinginan untuk makan harus selalu dijaga dan diperhatikan. Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Kehilangan nafsu makan dalam waktu berhari-hari tentu memberi banyak efek buruk, terutama pada kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan kembali nafsu makan, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

Baca Juga :  Waktu Tepat Mengukur Tekanan Darah, Hindari Setelah Minum Kopi

1. Sering Makan Makanan Kecil

Saat kehilangan nafsu makan, cobalah makan sesering mungkin dalam porsi kecil. Mengutip Healthline di laman healthline.com, metode ini dengan membagi 3 waktu makan utama menjadi 5 atau 6 kali waktu makan, dengan porsi sedikit. Ketika nafsu makan sudah meningkat, seseorang bisa makan di pembagian waktu normal.

2. Jadikan Waktu Makan sebagai Kegiatan Sosial

Baca Juga :  Nutrisi Telur Ayam dan Bebek, Lebih Banyak Mana?

Makan dengan orang lain dapat merangsang seseorang untuk lebih bersemangat makan. Bila sedang sendirian, seseorang bisa mengakalinya dengan makan sambil menonton televisi ataupun tayangan menyenangkan di YouTube. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan bersama teman atau keluarga dapat meningkatkan asupan makanan sebesar 18 persen, dan makan sambil menonton TV dapat meningkatkannya sebesar 14 persen.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua