JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Muncul Penyakit Hepatitis Akut, Epidemiolog: Tak Perlu Panik, Tapi Waspada

Ilustrasi hepatitis pada anak / liputan6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kemunculan penyakit hepatitis akut yang telah merenggut nyawa tiga orang anak, telah menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi kemunculan penyakit yang masih misterius itu, Epidemiolog sekaligus anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap waspada terhadap penularan virus tersebut.

Di samping itu, dia meminta Pemprov DKI menyiapkan segala obat dan fasilitas kesehatan sebagai bentuk antisipasi kemunculan kasus hepatitis akut.

“Pemprov DKI sebaiknya segera memberi penyuluhan ke masyarakat dalam mencegah penularan. Di samping itu, perlu mempersiapkan obat-obatan dan fasilitas untuk antisipasi,” kata Gilbert, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga :  Ada Operasi Tangkap Tangan di Kawasan Gedung DPR, Ini Kesaksian Sekjen DPR RI

Menurutnya, upaya pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan menjaga kualitas hidup bersih. Sehingga masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan pola hidup sehat.

“Menghindari jajan atau makanan yang tidak higienis. Setiap saat kita akan diperhadapkan dengan penyakit baru akibat mutasi virus yang ingin bertahan hidup. Kunci utama adalah daya tahan tubuh, hidup sehat dan asupan makanan yang baik,” dia menambahkan.

Baca Juga :  Sederet Alasan Mengapa Ferdy Sambo Dinilai Layak Ditetapkan Tersangka. IPW Singgung Salah Satunya Soal Rekayasa Pelecehan dan Ancaman!

Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama Kementerian Kesehatan saling bertukar informasi perihal kasus hepatitis yang saat ini menjadi konsentrasi dunia kesehatan. Sama seperti pelacakan Covid-19, Dinkes akan melacak riwayat pasien.

“Bersama-sama kita pelajari kasusnya, artinya gambaran penyakitnya, perjalanan sakitnya, sampai melihat kemungkinan apakah ada orang lain yang juga punya gejala yang sama di keluarga,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia, Jumat (6/5/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com