JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Presiden Jokowi, Iriana dan Kaesang Salat Idul Fitri di Gedung Agung Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menunaikan Salat Idul Fitri 1433 H di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istrinya Iriana dab putra bungsunya Kaesang Pangarep
melaksanakan salat Idul Fitri di halaman Gedung Agung, Yogyakarta Senin (2/5/2022).

Dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, salat Idul Fitri itu diselenggarakan secara terbatas dan diikuti perangkat kepresijdenan, Paspampres, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Jokowi dan keluarga keluar dari Istana Yogyakarta sekitar pukul 06.28 WIB.

Kemudian pada pukul 06.35 WIB salat Idul Fitri dimulai dengan diimami Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta,  Masmin Afif yang juga berperan sebagai khatib.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

Pada saat khotbah, Afif menyampaikan ceramah di depan kepala negara dan keluarganya ihawal ‘Solidaritas Sosial di Masa Pandemi’.

Khatib mengatakan,  bahwa Idul Fitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat.

Menurut khotib, solidaritas itu bisa diperkuat dengan saling peduli, berbagi, dan menghargai, saling merajut silaturahmi, menyapa dan memaafkan, serta mengaktualisasikan nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

“Semoga momentum Idul fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi,” demikian dikutip tim Biro Pers Istana Kepresidenan.

Baca Juga :  Warga Gemblakan, Yogya Hilang Terseret Banjir Kali Code

Selesai menunaikan salat Idul Fitri, sekitar pukul 07.00 WIB Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung. Sambil berjalan, Presiden menyempatkan menyapa jemaah di beberapa saf depan.

Turut mengikuti salat Idul Fitri tersebut antara lain Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto.

Sesampainya di Yogyakarta, Presiden Jokowi juga telah membagikan paket sembako bagi masyarakat di sekitar Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Sabtu (30/4/2022).

Sekitar pukul 15.00 WIB, Presiden mulai membagikan sembako di gerbang timur Istana.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com