JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terungkap, Sapi yang Positif PMK di Sragen Baru Dibeli dari Pasar Purwodadi dan Jawa Timur. Langsung Menulari 4 Ekor

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melakukan sidak pengecekan sapi di Pasar Hewan Nglangon Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti 6 ekor sapi di Sragen akhirnya terungkap.

Hasil pelacakan, sapi yang terpapar positif itu sebelumnya dibeli dari wilayah Purwodadi dan Jawa Timur. Setelah itu, sapi-sapi yang dibeli itu kemudian menularkan ke sapi lainnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen, Rina Wijaya mengatakan setelah hasil lab keluar dan dinyatakan positif, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan pelacakan atau tracing.

Baca Juga :  Ramai Wacana Penghapusan Honorer, Pemkab Sragen Ambil Sikap Begini. Sekda: SE Menpan Belum Jelas, Kasihan Honorer!

Hasilnya mendapati sapi yang terpapar itu ternyata belum lama didatangkan dari pasar. Sapi itu dibeli dari luar daerah oleh pemiliknya.

Dua sapi yang baru saja dibeli peternak dari Purwodadi dan daerah Jawa Timur yang kemudian diduga menjadi sumber penularan.

Baca Juga :  Marak Siswi SMP dan SMK Tiba-tiba Hamil, Kapolres Sragen: Awasi Pergaulan dan Cek Isi HP!

“Itu dia (peternak) beli terus nular di satu kandang gitu. Yang Plupuh itu beli dari Jatim, beli satu terus nular ke temennya. Yang di Tanon belinya di Purwodadi. Masing-masing beli satu terus nulari yang lainnya,” paparnya kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua