JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Banyak Tuai Protes, Kenaikkan Tarif Candi Borobudur Ditunda

Candi Borobudur. Pixabay
   

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM   — Rencana pemberlakuan tarif baru menaiki bangunan Candi Borobudur resmi ditunda karena banyak menuai reaksi dan protes beragam dari masyarakat.

Kepastian penudaan kebijakan tersebut diperoleh saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Selasa (7/6/2022).

“Tadi pak Luhut sudah menyampaikan, soal tarif naik ke stupa Borobudur kita tunda dulu,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menirukan apa yang disampaikan Menko Marves.

Pertimbangannya, jelas Ganjar, agar persoalan tingginya harga tiket naik ke kawasan stupa Candi Borobudur tersebut kemudian tidak menjadi cerita yang melebar ke mana-mana.

Gubernur tidak membantah jika kabar rencana tarif tersebut telah memantik respons bahkan juga protes dari masyarakat, karena nominal Rp 750 ribu bagi wisatawan domestik terlalu mahal.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Maka diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya kebijakan tersebut dapat diberlakukan setelah ada banyak pihak yang masih tidak sependapat dengan rencana Pemerintah tersebut.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir muncul kabar terkait rencana harga tiket naik kawasan stupa Candi Borobudur yang dibanderol Rp 750 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

Buntutnya, beragam respons dari masyarakat langsung muncul, kendati kebijakan tersebut dipertimbangkan dengan berbagai faktor yang dapat menjadi problem bagi upaya konservasi.

Dalam hal ini adalah upaya untuk mengendalikan jumlah wisatawan yang diperbolehkan naik ke kawasan stupa Candi Borobudur agar kelestarian bagunan cagar budaya ini tidak terganggu.

Maka penetapan tarif naik ke stupa Candi Borobudur perlu dikaji kembali bersama- sama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

“Saya sampaikan kepada beliau (Menko Marves-Red), ini banyak yang protes, sehingga khusus tiket naik kawasan stupa ini perlu diendapkan dulu dan beliau pun dapat menyetujui,” ujarnya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Gubernur juga menyampaikan, penataan kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan, maka harus dicarikan skema- skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi.

Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen yang lain salah satunya melalui penentuan besaran tarif bagi para wisatawan yang ingin naik ke kawasan stupa Candi Borobudur.

Seperti diketahui, Menko Marves Luhut memberikan pernyataan terkait rencana tiket Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal dan 25 USD untuk wisatawan mancanegara.

Salah satu alasannya adalah untuk menjaga dan melestarikan Candi Borobudur. Keputusan itu sendiri masih belum final dan masih dikaji kembali oleh PT TWC maupun Balai Konservasi Borobudur.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com