JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Banyak Tuai Protes, Kenaikkan Tarif Candi Borobudur Ditunda

Candi Borobudur. Pixabay

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM   — Rencana pemberlakuan tarif baru menaiki bangunan Candi Borobudur resmi ditunda karena banyak menuai reaksi dan protes beragam dari masyarakat.

Kepastian penudaan kebijakan tersebut diperoleh saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Selasa (7/6/2022).

“Tadi pak Luhut sudah menyampaikan, soal tarif naik ke stupa Borobudur kita tunda dulu,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menirukan apa yang disampaikan Menko Marves.

Pertimbangannya, jelas Ganjar, agar persoalan tingginya harga tiket naik ke kawasan stupa Candi Borobudur tersebut kemudian tidak menjadi cerita yang melebar ke mana-mana.

Gubernur tidak membantah jika kabar rencana tarif tersebut telah memantik respons bahkan juga protes dari masyarakat, karena nominal Rp 750 ribu bagi wisatawan domestik terlalu mahal.

Maka diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya kebijakan tersebut dapat diberlakukan setelah ada banyak pihak yang masih tidak sependapat dengan rencana Pemerintah tersebut.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir muncul kabar terkait rencana harga tiket naik kawasan stupa Candi Borobudur yang dibanderol Rp 750 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

Buntutnya, beragam respons dari masyarakat langsung muncul, kendati kebijakan tersebut dipertimbangkan dengan berbagai faktor yang dapat menjadi problem bagi upaya konservasi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com