JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dua Lagi Anggota Khilafatul Muslimin Diringkus di Karawang

Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja saat tiba di Polda Metro Jaya, Selasa (7/6/2022) / liputan6
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aparat kepolisian kembali menangkap dua anggota Khilafatul Muslimin di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Penangkapan tersebut merupakan kelanjutan dari konvoi beratribut khilafah yang dilakukan di berbagai wilayah, seperti Jakarta dan Brebes.

Adanya penangkapan dua anggota Khilafatul Muslimin tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (14/6/2022).

“Benar, ada dua anggota yang ditangkap,” ujarnya.

Menurut Ibrahim, operasi penangkap dua anggota Khilafatul Muslimin itu dilakukan pada Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Keduanya berinisial HM (60) dan EU (42).

Baca Juga :  Jokowi Kunjungi Bobby Nasution di Medan, Simbol Dukungan di Pilgub 2024? Ini Tanggapan Ngabalin

“HM Pimpinan Wilayah Purwasuka, EU Koordinator Wilayah Kotabaru Karawang,” jelas dia.

Ibrahim mengatakan, HM berperan memerintahkan anggota untuk melaksanakan aksi konvoi, menyebarkan selebaran brosur, dan permintaan infak keliling. Sementara EU berperan mengkoordinir semua keperluan terkait kegiatan konvoi di Kabupaten Karawang.

“Penangkapan melibatkan 13 saksi dan 4 saksi ahli. Ahli pidana, ahli sosiologi, ahli agama, ahli bahasa,” Ibrahim menandaskan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengungkap fakta baru, terkait organisasi masyarakat keagamaan bernama Khilafatul Muslimin.

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagai  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

Menurut hasil investigasi penyidik, diketahui ada 30 sekolah yang terafiliasi kelompok yang diduga memiliki doktrin bertentangan dengan Pancasila ini.

“Ada 30 sekolah terafiliasi Khilafatul Muslimin dan penanggungjawabnya AS,” kata Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Zulpan lalu menjelaskan siapa sosok AS. Menurut hasil penyidikan, AS adalah seorang menteri pendidikan anggota organisasi tersebut. Dia pun sudah diamankan oleh polisi pada dini hari tadi di Mojokerto.

“Jadi total sudah ditangkap 6 orang, termasuk pimpinan tertingginya, ini hasil pemeriksaan pengembangan,” beber Zulpan. #liputan6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com