JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gampang Banget, Begini Cara Membuat Pupuk Kompos Fermentasi, Cuma Butuh Waktu 3 Minggu Loh

Pupuk
Cara membuat pupuk kompos fermentasi. Dok. STAIMAS Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM —Gampang banget ternyata begini cara membuat pupuk kompos fermentasi.

Bahan baku dari cara membuat pupuk kompos fermentasi hanyalah kotoran hewan dan lain lain yang mudah didapat.

Tidak butuh waktu lama, dari pemaparan cara membuat pupuk kompos fermentasi berikut ini hanya sekitar tiga pekan. Selanjutnya pupuk kompos fermentasi bisa digunakan menyuburkan aneka tanaman.

Adalah Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat alias KPM Tematik STAIMAS Wonogiri yang menggagas cara membuat pupuk kompos fermentasi, di kediaman Ketua RW 8 Dusun Malang Sari Desa Bulusulur Wonogiri, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga :  Fakta ini yang Terjadi Hingga Komunitas AD 1 PM Indonesia Gelar Baksos di Yayasan Bina Jiwa Giri Sion Wonogiri

Hadir sebagai narasumber, praktisi pertanian peternakan dan herbalis Gatot Sumanto dan dihadiri Kadus Malangsari Tarno serta sejumlah anggota kelompok tani setempat serta seluruh anggota KPM Tematik STAIMAS Wonogiri 2022.

Gatot Sumanto memberikan pengarahan tata cara membuat pupuk kompos fermentasi.

Proses dari cara membuat pupuk fermentasi dimulai dari persiapan bahan-bahan yang diperlukan antara lain, tanah, kotoran hewan, sekam bakar, dolomit, Em 4 dan tetes tebu dan air secukupnya yang berasal dari sumber mata air.

Baca Juga :  Error Server, Titik Domisili Pendaftar PPDB Wonogiri Ada yang Bergeser Sampai Jakarta

“Tata cara pembuatan pupuk kandang fermentasi adalah pertama, campurkan pupuk kandang, tanah, dolomite dan sekam. Kedua, siapkan air, campurkan dengan Em 4 sebanyak tiga tutup botol dan tetes tebu kira–kira lima tutup botol atau lebih,” ujar Gatot Sumanto.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua