JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Dia 9 Tips Membuat Foto Produk Menggunakan HP Secara Profesional, Mulai Soal Cahaya Hingga Zoom

Foto hp
Pelaksanaan pelatihan tips membuat foto produk menggunakan HP secara profesional. Dok. STAIMAS Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini dia 9 tips membuat foto produk menggunakan HP secara profesional.

Ada sejumlah langkah yang perlu diperhatikan dalam tips membuat foto produk menggunakan HP secara profesional.

Di antaranya pengaturan cahaya maupun penggunaan mode zoom.

Adalah mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat KPM Tematik STAIMAS Wonogiri yang mengikuti Pelatihan Membuat Foto Produk Profesional dengan Smartphone, di aula kampus setempat, Minggu (26/6/2022).

Hadir sebagai pembicara Dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIMAS Wonogiri Tutut Nur Trias Wijayanti, dan Dedi Rismanto, serta penanggung jawab Tim IT STAIMAS Wonogiri Irfandi Efriyanto.

Pelatihan itu sebagai upaya mendukung kesuksesan pelaksaaan KPM Tematik STAIMAS Wonogiri yang bertemakan Membangun Desa Kreatif dan Inovatif dalam Bidang Bisnis dan Kewirausahaan dengan Optimalisasi Digital Marketing.

Irfandi membeberkan mahasiswa dapat menggunakan smartphone untuk menghasilkan foto-foto produk.

“Handphone teman-teman bisa dimaksilmalkan untuk membuat foto produk profesional,” ujar dia.

Berikut ini 9 tips membuat foto produk menggunakan HP secara profesional.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

1. Menyiapkan Smartphone

Anda tidak perlu memakai smartphone yang mahal, tetapi gunakan saja apa yang sudah dimiliki. Kualitas foto yang baik tidak hanya ditentukan dari resolusi kamera smartphone, tetapi juga cara pengambilan dan angle.

2. Siapkan Background/ Latar Belakang Foto

Untuk produk yang berukuran kecil, Anda bisa memanfaatkan kardus bekas dan dilapisi dengan kain atau kertas HVS putih. Pencahayaan studio mini bisa menggunakan lampu LED putih atau lampu belajar yang biasa Anda gunakan.

3. Menggunakan Model Sesuai Spesifikasi Produk

Model yang dipilih tidak harus model professional dengan bayaran tinggi. Anda bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara dekat, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih.

4. Posisi Pengambilan Gambar Dari Berbagai Sudut

Cara foto produk bermodal smartphone harus memperhatikan posisi pengambilan foto (angle). Ketika memotret produk, usahakan ada banyak angle foto yang diambil.

5. Pencahayaan Harus Cukup

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat Anda memotret produk menggunakan smartphone adalah pencahayaan yang cukup. Cahaya sebagai penentu hasil foto yang diambil.

6. Hindari Zoom

Seringkali banyak orang yang melakukan zoom saat memotret sesuatu. Namun, tindakan ini perlu dihindari saat Anda mengambil foto produk memakai smartphone.

7. Smartphone Dipegang Erat

Usahakan tangan Anda tetap rileks dan tenang. Jika merasa kualitas foto tetap kurang maksimal, letakkan smartphone di tembok/pohon sebagai sandaran. Selain itu, bisa juga memanfaatkan holder atau tripod khusus hp.

8. Pengeditan Foto Secukupnya

Menghasilkan foto produk yang bagus tidak hanya mengandalkan ketepatan pengambilan gambar. Jika diperlukan, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi editing foto. Namun, aktivitas ini harus dilakukan sewajarnya saja.

9. Penambahan Watermark

Cara foto produk bermodal smartphone yang sering dilupakaan para penjual adalah penambahan watermark. Setelah foto siap diunggah, Anda harus menambahkan watermark terlebih dahulu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com