JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mirip Cerita Sinetron, 10 Komplotan Pencopet yang Ditangkap di Sragen Tenyata Beraksi dengan Pola Sama. Waspadai Cara Kerjanya!

Empat tersangka komplotan copet yang beraksi saat malam pengajian Akbar Habib Syech di Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen, akhir bulan lalu ketika diamankan di Polres Sragen, Jumat (17/6/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penangkapan sejumlah komplotan copet luar daerah yang beraksi di beberapa event menghadirkan ribuan warga beberapa waktu terakhir, memang menyisakan keprihatinan.

Betapa tidak, dari tiga event besar yakni pengajian Akbar Habib Syech di Kemukus, konser Kangen Band hingga pengajian Akbar KH Anwar Zahid, semua tak luput dari sasaran komplotan copet.

Dari total tiga momen itu, Polres berhasil membekuk 10 copet yang tergabung dalam beberapa kelompok.

Dari hasil penyelidikan polisi, ternyata kawanan copet itu memiliki kesamaan pola dalam beraksi.

Cerita sepak terjang mereka juga hampir mirip dengan cerita sinetronAwas Banyak Copet” yang ditayangkan salah satu stasiun TV nasional.

Baca Juga :  Bakal Ciptakan Sejarah, Ini Respon Cik Nanik yang Akan Dilantik Jadi Anggota DPRD Sragen

Entah memang berguru dari alur sinetron yang identik dengan komando “Mari kita ramaikan khasanah percopetan di kota ini” tersebut atau hanya kebetulan, aksi komplotan copet yang menyerbu di Sragen itu juga menggunakan trik yang sama.

“Jadi mereka beraksi dengan berkelompok. Ada yang dua orang ada yang lebih dan selalu berbagi peran. Modusnya memang ada yang mencari sasaran kerumunan warga, kemudian ada yang bertugas sebagai pemepet lalu eksekutor yang mengambil HP atau barang korban. Lantas setelah mereka berhasil, ada yang menampung barang hasil copetan di lokasi kejadian,” papar Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas AKP Suwarso, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga :  Berkah Jadi Penonton Setia, Warga Tangkil Sragen Dapat Door Prize Sepeda Motor di Turnamen Voli Candirejo Cup

Para pelaku biasanya menyasar kerumunan warga. Mereka mengincar barang HP yang ditaruh di tas atau di saku.

Diungkapkan, dari operasi terakhir, Rabu (15/6/2022) malam, polisi meringkus
4 copet yang beraksi saat pengajian Akbar menghadirkan dai kondang asal Jatim, KH Anwar Zahid di Karangmalang malam itu.

Aksi komplotan copet tua itu terjadi saat pengajian akbar dalam rangka peresmian gedung Madrasah Diniyyah Bughyatul Mustarsyidin di kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang Sragen.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua