JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pertemuan Akbar Sahabat Dangkel, Ratusan Anggota Kobarkan Semangat Wani Sosial dan Wani Rebutan Salah

Sri Wahyudi Dangkel saat memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Akbar Sahabat Dangkel Sragen di Lapangan Purwosuman, Sidoharjo, Sragen, Minggu (5/6/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan anggota paguyuban Sahabat Dangkel Sragen sepakat menggelorakan semangat untuk aktif bergerak di bidang sosial dan berani berebut salah.

Hal itu diserukan saat menghadiri pertemuan akbar Sahabat Dangkel di lapangan Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Minggu (5/6/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, perintis Paguyuban Sahabat Dangkel, Sri Wahyudi alias Dangkel, anggota DPRD Sragen Sutimin Keling, para pengurus Sahabat Dangkel zona tengah dan barat serta seratusan anggota paguyuban.

Ketua 3 Pelaksana Kegiatan Pertemuan Akbar Sahabat Dangkel, Joko Kusyanto mengungkapkan pertemuan Akbar yang pertama kali digelar itu digagas untuk menyatukan para anggota dan pengurus di wilayah zona barat dan tengah.

Melalui momen itu, diharapkan memantapkan semangat para anggota untuk mewujudkan slogan “Wani Sosial lan Wani Rebutan Salah”.

“Intinya bagaimana kita saling tolong menolong antar sesama dan mengajak anggota dan masyarakat senantiasa membantu di bidang sosial. Jadi kita tidak punya tendensi di politik. Kita murni kegiatan sosial kemasyarakatan,” paparnya di sela kegiatan.

Ketua Pelaksana, Jeki (kiri) dan Erwin (kanan). Foto/Wardoyo

Pria yang akrab disapa Jeki itu menjelaskan paguyuban Sahabat Dangkel memang dirintis untuk misi sosial dan berani mengalah.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Paguyuban siap membantu masyarakat siapapun yang membutuhkan bantuan misalnya tertimpa kemalangan atau dalam musibah.

“Jadi paguyuban ini tidak ada istilah hanya sekedar untuk hura-hura. Kita kedepankan misi membantu sesama, sosial dan meringankan warga yang membutuhkan, terangnya.

Pengukuhan Pengurus 

Momentum pertemuan itu juga sekaligus dijadikan sebagai pengukuhan pengurus di wilayah Sragen zona tengah dan barat yang sudah terbentuk.

Sementara untuk wilayah Sragen zona timur, utara dan selatan, keanggotaan sudah banyak namun menunggu kesiapan pengurus untuk dikukuhkan.

“Intinya kita mengajak pada kebaikan dan bergerak untuk misi sosial,” tandasnya.

Ketua Pelaksana 2, Erwin menambahkan saat ini jumlah anggota Sahabat Dangkel sudah lebih dari 300 orang. Mereka tersebar di berbagai wilayah kecamatan di Sragen dan tergabung di zona yang sudah terbentuk.

Sejauh ini, kepengurusan dan keanggotaan yang sudah terbentuk adalah zona barat meliputi Gemolong dan sekitarnya. Serta zona tengah yang meliputi Masaran, Sidoharjo dan Sragen Kota.

“Kalau untuk wilayah Utara, selatan dan timur tinggal menunggu kesiapan pengurus dan anggota. Jadi anggota teman-teman Sahabat Dangkel itu lebih karena gerakan nurani, mereka tergerak dengan sendirinya. Tujuan kita ingin melakukan bakti sosial di masyarakat,” urainya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Erwin menyebut anggota Sahabat Dangkel terdiri dari berbagai kalangan dan tidak membatasi strata sosial maupun profesi. Ada dari kalangan wiraswasta, TNI Polri, DPRD, hingga pemuda maupun warga biasa.

Aksi sosial yang sudah digelar yakni membantu sembako bagi warga tidak mampu, bagi takjil saat Ramadhan hingga bantuan bagi warga yang membutuhkan.

Para anggota paguyuban Sahabat Dangkel saat mengikuti pertemuan Akbar. Foto/Wardoyo

Setiap kegiatan sosial, tidak ada kewajiban iuran. Akan tetapi anggota biasanya tergerak dengan sendirinya menyumbangkan dana sesuai kemampuannya.

“Kalau ada pihak luar yang ingin membantu pun siap kita tampung,” tegasnya.

Sementara Dangkel sendiri dalam sambutannya menekankan agar semua anggota tetap pada tujuan awal yakni memantapkan semangat untuk memberikan sumbang sih sosial ke masyarakat.

“Jadi kita di sini, membentuk paguyuban harus memahami untuk berani sosial dan rebutan salah. Semangat ini yang harus kita tumbuhkan terus,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com