JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Punya Ciri Khas, Sriyanto Saputro Sebut Karawitan Gaya Sragenan Akan Tetap Hits dan Asyik Dinikmati

Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (kanan) saat bernyanyi lagu Jawa "Prau Layar" gaya Sragenan diiringi warga dan tokoh berjoget. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro menilai seni karawitan gaya Sragenan sangat potensial untuk diangkat menjadi potensi budaya andalan Sragen.

Pasalnya, ia melihat karawitan gaya Sragenan yang dirintis maestro seni asal Ngarum, Mbah Karno KD punya ciri khas yang diyakini tak lekang oleh zaman.

Ciri khas gaya Sragenan adalah genre musiknya yang rancak sehingga sangat cocok untuk iringan joget.

“Ciri khas karawitan gaya Sragen ini adalah rancak dan asyik untuk jogetan. Makanya potensi ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Saya yakin dengan kolaborasi semua pihak dan acara semacam ini, anak-anak muda nanti bisa melestarikan syukur-syukur bisa menjadi bisa mencintai karawitan. Karena gaya Sragenan ini sampai sekarang tetap hits dan enak dinikmati,” paparnya saat menjadi pembicara di seminar “Membangkitkan Karawitan Gaya Sragenan” di Desa Ngarum, Ngrampal, Sragen, Sabtu (25/6/2022) malam.

Baca Juga :  Merantau Tak Terurus, Pulang Kampung Malah Tewas Membusuk

Acara malam itu dihadiri oleh pengamat budaya, Robert Aris Widodo dan maestro seni karawitan gaya Sragenan asal Ngarum, M Karno KD.

Ratusan tokoh dan warga berbagai desa serta pecinta seni karawitan di Ngrampal dan sekitarnya turut hadir memeriahkan.

Baca Juga :  Penembakan Brigadir J Ternyata Disaksikan 5 Orang. Empat Sudah Ditetapkan Tersangka
Seni karawitan Gaya Sragenan yang potensial untuk terus dilestarikan. Foto/Wardoyo

Sriyanto yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi C DPRD Jateng, menyampaikan seminar itu digelar untuk membangkitkan kembali seni karawitan gaya Sragenan yang penemunya ternyata adalah orang Ngarum bernama Mbah Karno KD.

Dengan keunikan serta gaya khas yang rancak untuk dinikmati, menurutnya karawitan gaya Sragenan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan dan dilestarikan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com