JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Ternyata Sejumlah SMP di Kabupaten Boyolali Masih Kekurangan Siswa

Sejumlah sekolah di Boyolali masih kekurangan peserta didik / Foto: Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM PPDB SMPN di Boyolali bakal diumumkan Jumat (24/6/2022) siang. Ternyata, sejumlah sekolah diketahui masih kekurangan siswa atau pendaftar.

โ€œIya, sejumlah sekolah kekurangan siswa,โ€ ujar Kabid SMP Disdikbud Boyolali, Lasno, Jumat (24/6/2022).

Adapun sekolah- sekolah yang kekurangan siswa antara lain, SMPN Selo 2, SMPN Juwangi 2 dan 3, Klego 2, dan Sawit 2 serta SMPN 4 Mojosongo. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan kekurangan siswa di sekolah itu secara mendetail.

Kepala Disdikbud Boyolali, Darmanto menambahkan, untuk sekolah yang masih kekurangan siswa, diberi kesempatan membuka pendaftaran siswa secara offline atau langsung ke sekolah. Pendaftaran dilakukan hingga masuk sekolah pada tahun ajaran baru.

Baca Juga :  Polres Boyolali Gelar Sidang Tipiring di Luar Kantor Pengadilan, Semua Terkait Kepemilikan Ciu

โ€œKami masih beri kesempatan kepada siswa yang belum mendapatkan sekolah agar bisa secepatnya mendaftar ke sekolah yang belum mendapatkan sekolah.โ€

Diakui, jumlah pendaftar di setiap sekolah memang tidak sama. Terbukti, ada sebagian sekolah yang justru kelebihan siswa. Kelebihan siswa itu kemudian masuk ke pilihan dua saat pendaftaran.

Namun demikian, tetap ada sekolah yang kekurangan siswa. Sebab, belum tentu siswa yang tidak diterima saat mendaftar di SMP yang dekat rumah, kemudian bersedia mendaftar ke sekolah yang masih kekurangan siswa tersebut.

โ€œSeringkali alasan jarak rumah ke sekolah menjadi kendala.โ€

Dicontohkan, siswa yang tinggal di Boyolali Kota dan belum mendapatkan sekolah, sebenarnya bisa mendaftar di SMPN 4 Mojosongo. Namun siswa belum tentu mau mendaftar ke sana karena bakal kesulitan akibat jarak yang jauh.

Baca Juga :  Polres Boyolali Ungkap Kasus Prostitusi di 8 Hotel

Diakui, lokasi 53 SMP Negeri yang ada saat ini belum mendukung PPDB zonasi. Pasalnya, sekolah- sekolah yang ada saat ini dibangun tidak berdasarkan zonasi. Sehingga ada beberapa sekolah yang letaknya berdekatan.

Utamanya di wilayah Boyolali Kota, ada SMPN 1 Boyolali, SMPN 2, SMPN 4 dan SMPN 6 yang lokasinya mengumpul atau berdekatan. Kemudian ada lagi seperti SMPN 1 Teras dan SMPN 2 Teras yang letaknya berdekatan.

โ€Kini PPDB berdasarkan zonasi tempat tinggal siswa. Tentuย  kondisi ini jadi kendala karena jarak tempat tinggal ke sekolah terdekat tidak sama. Kesempatan setiap siswa pun tidak sama.โ€ Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com