JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Vaksinasi PMK di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, Petugas Ikut Berlari-lari Kejar Sapi yang Kabur

Petugas tengah melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak warga di Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai digelar oleh Disnakan Boyolali pada Senin (27/6/2022). Vaksinasi digelar di dua kecamatan dengan jumlah vaksin sebanyak 400 dosis.

Di Kecamatan Selo, vaksinasi PMK digelar di Dukuh Kuncen, Desa Samiran. Petugas mendatangi satu persatu kandang sapi milik warga. Sapi perah dari usia anakan, hingga sapi bunting menerima vaksin.

Ada kejadian unik saat vaksinasi di Dukuh Kuncen. Ya, seekor anakan sapi atau pedhet terlepas dari ikatan.

Baca Juga :  Kasus ABG Tidur di Makam, BW Berharap Bisa Ikut Kursus di BLK

Petugas dan warga pun terpaksa berlari-lari  mengejar pedhet yang kabur ke areal ladang. Beruntung, pedhet bisa segera ditangkap sehingga vaksinasi tidak terhambat.

Kepala Disnakan Boyolali, Lusia Dyah Suciati menjelaskan, sasaran vaksinasi di Desa Samiran adalah sapi perah. Sedangkan di Kecamatan Andong untuk desa korporasi sapi dengan sasaran penggemukan sapi potong.

“Kami mengalokasikan sebanyak 400 dosis vaksin. Rinciannya, 200 dosis untuk Desa Samiran Selo dan 200 dosis untuk Andong. Jumlah vaksin tersebut disesuikan dengan kemampuan petugas vaksin (vaksinator),” katanya.

Baca Juga :  Kerusakan Jalan Pasar Batangan- Klego Diprotes Warga. DPU Boyolali Nyatakan Siap  Lakukan Perbaikan

Dijelaskan, Desa Samiran, Selo menjadi prioritas vaksin karena kondisi sapi sehat. Hal ini didukung kebijakan masyarakat desa yang menerapkan kebijakan lockdown tingkat desa.

Mereka sepakat tidak memasukkan dan mengeluarkan sapi ke luar desa.  Sehingga kondisi sapi aman dan masuk desa dengan zona hijau PMK.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com