JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

AFF Balas Surat Protes PSSI yang Merugikan Timnas Indonesia U-19: Thailand dan Vietnam Tak Salah

Selebrasi Timnas Indonesia Piala Asia 2023 (Foto: PSSI)
Selebrasi Timnas Indonesia Piala Asia 2023 (Foto: PSSI)
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM AFF akhirnya membalas surat protes yang dilayangkan PSSI terkait kejanggalan pada pertandingan Thailand melawan Vietnam pada fase grup Piala AFF U-19 2022. Menurut AFF, Thailand dan Vietnam tak salah dalam laga tersebut.

Beberapa hari yang lalu, PSSI menyayangkan laga yang dimainkan oleh Thailand dan Vietnam tidak menjunjung tinggi sportivitas. PSSI menyoroti ketika menit ke-80 kedua tim seolah tidak mau menyerang sama sekali dan hanya memain-mainkan bola saja. Dan akhirnya PSSI melayangkan protes atas kejadian tersebut.

Dalam keterangan resminya, PSSI menyebut telah mendapat balasan dari AFF. Pihak AFF menunjuk Sports Radar untuk menganalisis dugaan kecurangan dalam pertandingan tersebut. Selain itu, AFF juga melibatkan ahli analisis teknik untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19

Dalam proses analisis ini, AFF juga meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga merupakan Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC.

AFF pun akhirnya menyimpulkan jika tidak ada peraturan yang dilanggar oleh Thailand dan Vietnam dalam 12 menit terkhir pertandingan keduanya. AFF juga tak lupa berterima kasih kepada PSSI telah menyampaikan isu ini agar bisa mempelajari dari berbagai sisi.

Akun Instagram @siorangdalam mengunggah berita ini dan banyak netizen yang mengomentari postingan ini. Banyak netizen yang kecewa mendengar berita ini. Lantaran peraturan head to head ini memang sudah lama dan tidak digunakan oleh FIFA sekalipun. Peraturan ini juga kabarnya mendadak diberitahukan, jadi menimbulkan kecurigaan netizen pada saat itu.

Banyak juga netizen yang semakin mendesak untuk pindah ke federasi Asia Timur, EAFF. Tagar @outaff dikumandangkan kembali oleh netizen atas kekecewaannya terhadap AFF.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19

“Yang perlu diperbaiki adalah regulasinya.” tulis @hikayaza

“Aneh banget head to head dipake di fase grup yang sekali pertemuan ๐Ÿ˜‚” tulis @hi_ddickyy

“Udah out aja dari kompetisi dagelan yang super duper gak jelas ini.” tulis @adhi_krizt

Ada juga netizen yang menyayangkan Timnas Indonesia tidak mampu menang melawan Thailand dan Vietnam. Jika menang sekali saja di antara lawan mereka, Timnas Indonesia tidak perlu mengandalkan hasil pertandingan lain saat laga terakhir.

Namun, bagaimana pun itu kompetisi sudah selesai, keputusan sudah dibuat AFF. Tidak mungkin juga mengulangi Piala AFF U-19 dari awal. Kalau tahun ini belum waktunya juara, masih bisa beruraha untuk Piala AFF edisi berikutnya.

Fabio Ferjiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com