JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

FKIP Unisri Surakarta Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital

Abdur Rahim tengah bicara dalam pelatihan "Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital", Rabu (28/7/2022), yang digelar FKIP Unisri Surakarta / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (FKIP) Unisri Surakarta menggelar pelatihan “Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital”, Rabu (28/7/2022).

Menurut Ketua panitia Dr Ayu Istiana Sari, pelatihan yang diikuti 50 peserta itu adalah bagian dari pelaksanaan “Program Kompetensi Kampus Merdeka” di Program Studi Bahasa Inggris (PBI).

Acara tersebut menghadirkan pembicara dari Kota Malang, Senior Editor & Kepala Unit Keredaksian

PT Cita Intrans Selaras, Abdur Rahim.

Dia didatangkan dalam pelatihan penulisan yang dibuka oleh Rektor Unisri, Prof Dr Sutardi. Hadir pula dalam pembukaan, ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Sularno.

“Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital ini bertujuan untuk peningkatan mutu relevansi dan inovasi pendidikan tinggi dalam merespon perkembangan IPTEK di masa depan sesuai keunggulan program studi,” kata Dr Ayu Istiana Sari, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unisri Surakarta Sri Hartini MPd mengatakan, sesuai perkembangan zaman, seperti sekarang ini, buku ajar yang diberikan bagi anak-anak milenial atau generasi z harus serba digital.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

“Karena itu, sangat tepat kalau Unisri menggelar pelatihan penulisan buku ajar berbasis digital bagi para dosen,” kata Sri Hartini.

Baik rektor Prof Dr Sutardi maupun ketua yayasan Sularno sangat mendukung pelatihan penulisan buku ajar berbasis digital tersebut. Menurut mereka, pelatihan itu sangat penting dan bermanfaat bagi peserta yang mengikuti.

Rektor mengatakan, tantangan bagi dosen atau pengajar adalah bagaimana anak anak tertarik untuk belajar, di tengah era digital sekarang ini.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

“Jadi buku atau bahan ajar yang digunakan tidak hanya sebatas narasi, tapi juga ada gambar dan pendukung lainnya agar menarik,” kata rektor.

Ketua yayasan, Sularno berharap, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unisri akan lebih eksis berkontribusi dikancah nasional maupun internasional dan terus mengembangkan diri dalam peningkatan kualitas yang selalu memenuhi kebutuhan zaman.

Sementara itu dalam paparannya, Abdur Rahim berpesan, bila ada sebuah buku yang ingin dibaca, tetapi buku belum ditulis, maka kitalah yang harus menulis.

“Kalau mau menulis buku, mulailah menulis tentang hal yang kita sukai,” kata Abdur Rahim, yang membawakan materi bertajuk : Taktis Menyusun Buku Ajar, Referensi, & Ensiklopedia. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com