JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cara Menyiasati Anak Tidak Suka Singkong, Bikin Saja Bola bola Cantik atau Nugget Campur Sayur

Singkong
Pelatihan pembuatan bola bola cantik. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Wonogiri sejak lama dikenal dengan sebutan Kota Gaplek, Kota Tiwul, atau Kota Singkong.

Sebutan itu cukup beralasan mengingat daerah terluas kedua di Jateng setelah Cilacap tersebut merupakan sentra produksi singkong yang menjadi bahan baku gaplek dan tiwul.

Kendati demikian singkong ternyata sering susah dijadikan makanan yang digemari anak. Padahal si singkong kaya manfaat.

Lantas bagaimana menyiasati anak tidak suka singkong?.

Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik Sekolah Tinggi Agama Islam Mulias Astuti atau KPM Tematik STAIMAS Wonogiri nyawiji bersama Komunitas Wonogiri Peduli ASI (KOWPAS) membuat kreasi makanan pendamping ASI (MP ASI), di kediaman warga Dusun Malangsari Desa Bulusulur Wonogiri, Anto.

Kegiatan itu diawali dengan pembuatan kreasi makanan yang unik dengan berbahan dasar singkong yaitu bola bola cantik oleh anggota KPM Tematik Kelompok 3 bersama Ketua KOWPAS Ruslina Dwi Wahyuni dan Witri, kreator makanan sehat dari SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri.

Bola-bola cantik sebagai inovasi dalam membuat camilan yang disukai anak-anak agar menarik. Bola-bola cantik selain menggunakan bahan dasar singkong bisa juga dengan menyesuaikan hasil pertanian warga atau potensi setempat.

Baca Juga :  Sedekah Agung Panen Raya di Punthuk View Slogoretno Jatipurno Wonogiri, Lestarikan Tradisi Methik Pantun

Agenda cooking class itu dilanjutkan pembuatan nugget ayam yang dicampur dengan sayuran seperti bayam, wortel dan brokoli.

Acara tersebut dihadiri ibu-ibu PKK dari Dusun Malangsari Desa Bulusulur Wonogiri. Mereka tidak hanya menerima teori, namun praktik langsung dengan berkelompok proses pembuatan nugget ayam dan sayur yang dipandu Witri.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari sosialisasi pencegahan stunting yang sebelumnya sudah diadakan. Kegiatan ini bertujuan mengajak ibu-ibu berinovasi dalam pembuatan dan pengolahan makanan sehat yang baik serta bergizi untuk pencegahan stunting,” ujar Ruslina yang merupakan Korlap Mahasiswa KPM Tematik Kelompok III.

Lina menambahkan praktik membuat nugget itu sebagai langkah mengajak para ibu untuk menjadi ibu yg cerdas, kreatif serta inovatif. Bagaimana sebagai ibu mengkolaborasikan makanan kesukaan anak dengan bahan yang ada di sekitar dengan diolah sendiri menjadi makanan sehat,bergizi dan menarik.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk membuat anak-anak menyukai makanan yang sehat, higienis dan mengandung gizi seimbang yaitu dengan menyediakan makanan berbagai kreasi sesuai kesukaan anak krn bisa dibentuk sesuai selera dengan dibuat sendiri di rumah, sehingga anak-anak bisa terpenuhi gizinya,” terang Lina.

Baca Juga :  Daftar Barang yang Laris Dijual di Toko Kelontong, Panduan Lengkap untuk Pemilik Usaha

Witri memaparkan cara membuat sayuran agar tetap sehat dan segar saat dimasak, juga mempraktikan berbagai macam tips untuk mengolah berbagai makanan secara simple dengan memanfaatkan bahan yang sudah ada.

Salah satu mahasiswa KPM Tematik, Zahrotul menyatakan kegiatan mengolah makanan dari bahan yg dihasilkan wilayah sekitar merupakan tindaklanjut program kerja KPM Tematik STAIMAS Wonogiri. Yaitu dengan menjaga dan merawat lingkungan hidup dari bibit tanaman sayuran yamg telah dibagikan mahasiwa.

Nanti hasilnya berupa sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan makanan sehat.

Mahasiswa KPM Tematik STAIMAS Wonogiri lainnya, Aprilia meyatakan kegiatan itu merupakan serangkain proker KPM Tematik 2022 yaitu meningkatkan UMKM dan digital marketing.

“Dengan berbagai kreasi makanan sehat tersebut bisa menjadi peluang usaha yang potensial. Produk makanan itu bisa dijual online ataupun secara langsung di pasar sebagai produk inovasi yang diminati masyarakat,” ujar dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com