JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP, Dari Pengaturan Waktu Hingga Penentuan Wilayah Bebas Gadget

Kecanduan HP
Penyuluhan cara mengatasi anak kecanduan HP bagi warga Dusun Malangsari Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri. Dok. STAIMAS Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berikut ini ada cara mengatasi anak kecanduan HP.

Sejumlah langkah sebagai cara mengatasi anak kecanduan HP ini disampaikan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat KPM Tematik STAIMAS Wonogiri pada agenda pertemuan dasa wisma (Dawis) di kediaman Ketua RW 8 Dusun Malangsari Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kadimin, akhir pekan lalu.

Mahasiswa KPM Tematik STAIMAS Wonogiri, Yekti Prihatin membagikan strategi bagaimana cara mengatasi anak kecanduan HP. Diskusi dengan 13 ibu-ibu itu berjalan sangat aktif.

“Anak-anak harus dibatasi penggunaan HP nya. Orangtua memegang peranan penting,” kata Yekti.

Yekti mengemukakan The American Academy of Pediatrics menerbitkan pedoman waktu layar untuk penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi kelompok usianya.

Dia menyampaikan strategi dalam menanggulangi kecanduan HP pada anak yang sudah dipublikasikan RSU Permata Hati Bali.

Baca Juga :  25 Sekcam di Wonogiri Terima Motor Yamaha Aerox 155, Telan Anggaran 695 Juta

Berikut 5 strateginya:

1. Batasi Penggunaan HP

• Anak-anak di usia bawah 2 tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain sendiri, termasuk TV, handphone dan tablet.
• Anak-anak usia 2 sampai 4 tahun: kurang dari satu jam sehari.
• Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar).

2. Beri jadwal

Jadwal waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

3. Jangan beri akses penuh

Ponsel sebaiknya tidak diserahkan sepenuhnya pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai.

4. Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget

Baca Juga :  23 Orang Meninggal Selama Lebaran 2024

Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil.

5. Ajarkan anak pentingnya menahan diri

Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

6. Berikan contoh yang baik

Yang sudah jadi pengetahuan umum bahwa anak meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, orangtua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan bermainlah bersama si kecil.

“Menjadi orang tua tidak hanya sekedar perintah namun jadilah orang tua yang memberi contoh pada anak kita. Dengan menjaga bicara dan tingkah laku bahkan saat marah pun juga menggunakan bahasa yang santun,” pungkas Yekti. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com