JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Internet Trolling, Bagaimana Mengantisipasinya? Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi internet trolling / tribunnews

JOGLOSEMARNEWS.COM Online trolling atau internet trolling dapat diartikan sebagai suatu bentuk perilaku yang memiliki sikap menipu, merusak atau mengganggu di ranah sosial dunia maya dengan tujuan yang tidak jelas.

Media sosial selama ini menjadi ladang kebebasan bagi sebagian masyarakat yang melek media, teknologi dan informasi untuk kebebasan berekspresi.

Selain itu, media sosial telah berubah wujud menjadi magnet yang kuat bagi sebagian pengguna untuk merasa bebas meninggalkan segala macam komentar buruk di dunia maya.

Motivasi troll internet dapat didasarkan pada perasaan bosan, mencari perhatian, balas dendam, kepuasan, dan keinginan untuk membahayakan komunitas online.

Internet trolling, di satu sisi bisa membawa dampak buruk bagi korban. Korban trolling, dalam kondisi yang paling parah bisa melukai diri sendiri atau malah kemungkinan mencoba  bunuh diri.

Sebagai contoh adalah kasus Via Vallen yang mengaku merasa tertekan, malu, enggan tampil di acara televisi. Bahkan sempat terpikir olehnya untuk bunuh diri, setelah menerima komentar hujatan dari netizen di akun media sosialnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com