JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Cyberbullying, Kejahatan Internet yang Mampu Mengubah Kehidupan Korban

Ilustrasi perundungan / pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Pada era ini, kehidupan manusia sudah nyaris tidak bisa lagi terlepas dari peranan teknologi digital.

Media sosial menjadi teknologi yang digandrungi banyak orang. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial, baik itu platform chatting, platform bermain game, dan lain sebagainya.

Setiap orang dapat dengan mudah mengakses akun media sosial, dan juga dapat dengan mudah mengekspresikan setiap perasaan melalui akun tersebut.

Namun, di balik kemudahan dan kebebasan yang disediakan oleh beberapa platform tersebut, beberapa orang mampu dengan mudahnya mengungkapkan kata-kata dan persepsi yang tidak sesuai dengan norma.

Cyberbullying adalah kasus perundungan di dunia maya yang banyak sekali ditemukan di media sosial dan dapat dengan mudah diungkapkan oleh setiap orang dengan tujuan menyerang dan menjatuhkan kapasitas fisik dan mental orang lain.

Menurut beberapa spesialis dari UNICEF, cyberbullying merupakan perilaku berulang, yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

 

Setiap orang dapat menjadi korban ataupun pelaku cyberbullying, tidak memandang umur, gender, suku ataupun budaya.

Bahkan, dalam beberapa kasus terdapat pelaku di bawah umur yang seharusnya masih dalam pengawasan orang tua.

Perundungan melalui media sosial ini cukup banyak bentuknya. Bisa berupa postingan foto atau video yang bertujuan untuk mempermalukan seseorang, mengirim pesan ancaman dan juga ejekan melalui kolom komentar atau direct message.

Perundungan bisa juga bertujuan untuk mengucilkan seseorang dalam sebuah grup obrolan, membuat grup atau situs yang ditujukan untuk mempermalukan dan menyebarkan aib, dan masih banyak lainnya yang bertujuan untuk menjatuhkan mental dan perasaan orang yang dituju.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com