JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Pekerja Migran Indonesia Sudah  Seharusnya Diberi Akses Pembiayaan yang Tidak Membebani

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) sudah seharusnya diberi akses pembiayaan yang tidak membebani dan jauh dari praktik rentenir.

Selaras dengan itu, demikian Menko Airlangga, Pemerintah telah membuktikan diri hadir untuk PMI melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Penempatan PMI.

Kebijakan tersebut terkait pembiayaan bagi calon PMI untuk meringankan biaya penempatan. Pemerintah meningkatkan Plafon KUR Penempatan PMI dari Rp 25 juta menjadi Rp 100 juta.

Baca Juga :  Tim DVI Polri Ungkap Identitas 145 Jenazah Korban Gempa Cianjur

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews, Menko Airlangga menjelaskan, pencairan KUR PMI dapat dilaksanakan bertahap sesuai proses penempatan PMI dan yang terpenting tidak memerlukan agunan tambahan.

Pada tahun 2022, Menko Airlangga mencontohkan, Pemerintah telah mengalokasikan plafon KUR untuk Penempatan PMI hingga mencapai Rp 390 miliar.

Dan sejak 2015 hingga 30 Juni 2022, realisasi KUR Penempatan PMI telah mencapai Rp 2,42 triliun dan disalurkan kepada sekitar 137.000 PMI.

Baca Juga :  Tertimbun Longsor Akibat Gempa Cianjur, Angkot Isi 15 Penumpang Belum Ditemukan

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, pemerintah juga mendorong seluruh Lembaga Keuangan Penyalur KUR utamanya HIMBARA dan BPD menjadi mitra PMI dalam penyaluran KUR Penempatan PMI dan pengiriman remitansi PMI.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com