JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pernah Mendunia dengan Ritual Sex Mountain, Mualim Minta Segera Dibuat Buku Sejarah Makam Pangeran Samudera Gunung Kemukus. Ini Tujuannya!

Para pengunjung ritual larap slambu Gunung Kemukus saat berebut kain slambu bekas dan air sisa jamasan. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Sragen diminta melakukan sejumlah gebrakan untuk meluruskan fakta sejarah terkait keberadaan makam Pangeran Samudera di kompleks obyek wisata Gunung Kemukus.

Hal itu dimaksudkan untuk menghindari persepsi negatif di masyarakat tentang Gunung Kemukus dan prosesi ziarah di lokasi tersebut.

Hal itu disampaikan oleh anggota Fraksi Demokrat DPRD Sragen, Mualim Sugiyono, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga :  Begini Kronologi Ibu Bunuh Anak Kandung di Sragen. Dikepruk Bongkahan Batu, Dicangkul Lalu Mayatnya Dibungkus Tikar

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia menyampaikan Pemkab Sragen harus segera berbenah setelah obyek wisata Kemukus dibangun dan dicanangkan menjadi destinasi wisata religi dan keluarga.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah meluruskan sejarah secara benar terkait Makam Pangeran Samudera hingga prosesi ziarahnya.

Pemandangan New Gunung Kemukus dilihat dari jembatan menuju Kemukus. Foto/Wardoyo

Menurutnya, sejarah tersebut perlu dibukukan dan kemudian bisa diberikan kepada setiap peziarah.

Seperti di obyek wisata sejarah termasuk di lokasi wisata religi peninggalan Walisongo yang juga sebagian menyediakan buku sejarah.

Baca Juga :  Tangisan Petani Sragen Rugi Besar Padi Merosot Terserang Kerdil. Satu Hektare Hanya Dapat 3 Zak

“Jadi dari buku itu pengunjung akan tahu riwayat yang sebenarnya, kemudian mereka otomatis akan bisa menceritakan kepada masyarakat lain. Dengan demikian perlahan cerita negatif itu akan terkikis oleh fakta sejarah yang dibukukan itu,” paparnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com