JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tingkatkan Loyalitas, Nasabah Marketing BPR Perlu Baca Buku Ini

Suharno, SE. MM (kanan) saat menyerahkan buku karyanya / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tingkat persaingan lembaga keuangan pada era digital saat ini sangat kompetitif, tidak terkecuali di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Agar BPR tetap bisa eksis dalam kancah persaingan, maka pola hubungan BPR dengan nasabah baik nasabah tabungan, deposito, maupun kredit tidak bisa hanya sekedar memberikan layanan yang baik saja.

Namun marketing BPR harus bisa tampil sebagai mitra usaha yang menyenangkan yang mampu mengedukasi, memotivasi dan memberikan solusi kepada para nasabah, khususnya pelaku UMKM.

“Untuk itu marketing BPR wajib dibekali  pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan UMKM terkait tehnik pemasaran, penjualan dan pembukuan serta komunikasi efektif yang praktis dan membumi,” demikian pernyataan yang disampaikan dosen prodi akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, seusai menyerahkan buku terbarunya “91 Tip Jitu UMKM Naik Kelas,”  kepada Direktur Utama Bank Solo, Ir. Agung Riawan, MM, Rabu siang (27/7-2022).

“Hari ini kami mengunjungi Bank Solo, karena di antara 91 tip dalam buku terbaru saya ini, ada beberapa tip yang kami tuliskan berdasarkan pengalaman nyata saat kami menjadi Ketua Dewan Pengawas Bank Solo selama tiga periode (2007-2016). Di antaranya proses transformasi nama dari Bank Pasar menjadi Bank Solo, penanganan kredit bermasalah dan langkah-langkah membranding Bank Solo dengan efisien dan efektif, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Sinergi dengan OJK dan BPRS Hikmah Khazanah, Lazismu Beri Santunan untuk 100 Guru di Solo

“Buku ini bukan buku teori, namun buku yang memaparkan ide-ide dan tip sederhana yang berdampak pada peningkatan omzet penjualan dan kinerja UMKM pada khususnya. Apa yang kami tulis dalam buku ini adalah kejadian nyata saat saat kami merintis dan mengembangkan usaha, maupun pada saat kami memberikan pelatihan dan pendampingan pada pelaku UMKM, ” tandasnya.

Suharno yang juga direktur Amalia Consulting, lebih lanjut menjelaskan, karena buku yang ditulis berdasarkan pengalaman selama kurun waktu 15 tahun berkecimpung pada bidang kewirausahaan dan training di BPR, maka buku 91 Tip Jitu UMKM Naik Kelas ini sangat cocok dijadikan bahan bacaan dan rujukan bagi marketing BPR saat melakukan pendampingan kepada para nasabah.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

” Ada 91 tip jitu dan praktis yang dapat dijadikan sebagai bahan obrolan bagi marketing BPR saat bertemu dengan para nasabah, maupun calon prospek. Bila hal ini dilakukan, maka marketing BPR akan sangat mudah mendapatkan nasabah. Hubungan yang terjadi tidak hanya sebatas tambal butuh, namun akan terjadi ikatan batin yang kuat antara BPR dan nasabah, sehingga akan terjadi hubungan dalam jangka panjang yang saling menguntungkan, ” paparnya separti dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

“Berdasarkan pengamatan kami selama ini hubungan BPR dan nasabah sebatas simpan dan pinjam yang dilakukan secara sepihak. Padahal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap BPR bisa turut serta melakukan edukasi literasi keuangan bagi masyarakat khususnya bagi UMKM dan kalangan pelajar, ” jelasnya.

“Semoga dengan kehadiran buku 91 Tip Jitu UMKM Naik Kelas ini, bisa membantu tambahan referensi bagi marketing BPR dalam melakukan kemitraan dan pendampingan pada UMKM,” harap Suharno. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com