JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Tips Perawatan Kulkas agar Berfungsi Seperti Baru dan Hemat Biaya

Ilustrasi kulkas. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Kulkas atau lemari es merupakan peralatan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan berbagai makanan, mulai dari sayur, buah, makanan beku dan lain sebagainya.

Karena memiliki fungsi yang vital di dalam keluarga, maka sebaiknya kulkas dirawat secara rutin. Untuk melakukan perawatan rutin, Anda tidak perlu memanggil teknisi, karena dapat dilakukan sendiri di rumah.

Efek dari perawatan kulkas adalah bisa menghemat listrik, yang berarti bisa menghemat uang. Penghematan kecil itu akan bertambah seiring waktu dan membantu mengurangi jejak karbon.

Melansir Real Simple, berikut adalah langkah sederhana perawatan kulkas agar tak terlalu banyak menghabiskan energi listrik dan terasa seperti baru.

1. Periksa segel pintu

Segel yang longgar di pintu lemari es memungkinkan udara dingin merembes keluar, ini membuang energi dan menyebabkan lemari es bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pertama, pastikan segel bebas dari sisa makanan. Bersihkannya sekitar dua kali setahun menggunakan sikat gigi dan larutan soda kue dan air. Kemudian coba tes ini: Tutup uang kertas di pintu sehingga setengahnya masuk dan setengahnya keluar. Jika mudah lepas, perlu memeriksa segel pintu oleh ahlinya.

2. Jaga agar kumparan tetap bersih

Ketika kumparan kondensor tertutup debu, lemari es tidak dapat bekerja secara efisien. Dua kali setahun, tarik mesin dari dinding untuk memperlihatkan gulungan di belakang (atau lepas kisi-kisi jika gulungan berada di bagian bawah depan), cabut steker lemari es, dan vakum gulungan dengan lampiran sikat.

3. Atur suhu yang tepat

Kulkas pada suhu yang salah akan bekerja terlalu lama atau tidak cukup lama. Atur lemari es antara 2,5 hingga 4,5 dejar Celcius dan freezer pada 0 derajat. Ada beberapa cara untuk menjaga lemari es pada suhu yang tepat, dan yang paling penting adalah memastikan segel pintu berfungsi seperti pada langkah pertama.

4. Selalu diisi

Kulkas membutuhkan “massa termal” dari barang atau isinya untuk mempertahankan suhu rendah sambil menggunakan lebih sedikit energi. Makanan dan minuman dingin membantu menyerap udara hangat yang masuk saat membuka pintu. Jika lebih suka makan di luar atau lemari es terlalu besar untuk kebutuhan, simpan beberapa botol air di sana. Pastikan tidak mengisi kulkas terlalu banyak. Perlu ada sirkulasi udara di sekitar barang.

5. Bersiaplah untuk pemadaman listrik

Jika listrik padam, jangan buka pintu. Kulkas yang belum dibuka akan menjaga makanan tetap aman selama empat jam; freezer akan mempertahankan suhunya selama 48 jam jika penuh dan 24 jam jika setengah penuh.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com