JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tolak Pemaksaan Pemakaian Jilbab Pada Siswa Sekolah Negeri, SETARA Institute: Sekolah Harus Junjung Tinggi Kebhinekaan

ilustrasi / tribunnews
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Direktur Riset SETARA Institute, Halili Hasan mengutuk keras setiap upaya untuk melakukan penyeragaman, termasukย  dalam bentuk pemaksaan pemakaian hijab di sekolah.

Sebab menurutnya, hal itu bertentangan dengan kebhinekaan Indonesia yang mesti dijunjung, dirawat dan dikokohkan.

โ€œSekolah negeri merupakan lembaga pendidikan formal yang dimiliki oleh negara dan dioperasikan menggunakan anggaran negara secara langsung maupun tidak. Baik melalui APBN maupun APBD yang dihimpun dari seluruh warga negara yang beragam,โ€ katanya kepada Tribunjogja.com, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga :  Ulat Bulu โ€œSerbuโ€ Kawasan YIA Kulonprogo, Ternyata Ini Sebabnya

Hal itu diungkapkan olh Halili Hasan menanggapi kasus pemaksaan penggunaan jilbab oleh guru yang terjadi di SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY.

Diketahui, pemaksaan itu telah membuat siswa bersangkutan ย trauma dan enggan untuk masuk sekolah.

Oleh karena itu, menurut Halili, sekolah negeri seperti SMA Negeri 1 Banguntapan pada level pimpinan, pendidik, dan tenaga kependidikan di dalamnya mesti memperkuat kebinekaan yang merupakan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

โ€œTindakan pemaksaan pemakaian jilbab yang diduga dilakukan oleh guru BK nyata-nyata merupakan penyelewengan kewenangan yang dimiliki oleh guru-guru bimbingan dan konseling,โ€ jelasnya.

Dia meminta, kepala sekolah dan otoritas pendidikan terkait mesti melakukan pemberian sanksi terukur yang memberikan efek jera.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com