JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Belasan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Jatipurno dan Brenggolo Jatiroto Wonogiri, Segini Kerugiannya

Angin kencang
Petugas Polsek Jatipurno Wonogiri mendata rumah terdampak angin kencang. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belasan rumah rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Jatipurno dan Brenggolo Jatiroto Wonogiri.

Kerugian akibat angin kencang alias lesus di Kecamatan Jatipurno dan Brenggolo Jatiroto Wonogiri diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono mengatakan, puting beliung terjadi di Lingkungan Seper RT 1 RW 4 Kelurahan Balepanjang Kecamatan Jatipurno Wonogiri, Rabu (10/8) sore. Rumah milik Sarmin, warga setempat terdampak.

“Kerugian materi ditaksir Rp 3 juta. Genting dan asbes pecah,” ujar Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, Kamis (11/8/202).

Baca Juga :  Korban Gempa Cianjur Dapat Bantuan dari Polres Wonogiri Senilai Hampir 50 Juta

Atas kejadian itu, anggota Polsek Jatipurno turun ke lokasi kejadian. Selain mencatat dampak bencana, mereka melakukan patroli memberikan rasa aman kepada masyarakat. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, bencana angin kencang juga terjadi di Desa Brenggolo Jatiroto Wonogiri. Sebanyak 12 rumah rusak. Kerusakan ringan di bagian atap rumah.

Puting beliung menyapu wilayah setempat sekitar pukul 15.00 WIB . Bambang memastikan, tidak ada korban jiwa maupun luka. Penanganan dampak bencana juga telah dilakukan secara gotong royong.

Baca Juga :  Jadi Tersangka Sopir Bus Panca Tunggal yang Masuk Jurang Gunung Pegat Wonogiri hingga Tewaskan 8 Orang

Sementara, merujuk informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agustus adalah puncak musim kemarau di Wonogiri. Namun diduga, sejumlah wilayah kecamatan telah memasuki musim pancaroba.

Di pancaroba itu, kata Bambang, rawan terjadi angin kencang. Perlu diantisipasi pula kebakaran lahan. Sebab kalau anginnya kencang, ketika terjadi kebakaran lahan, juga bisa memperbesar api. Aris Arianto

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com