JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Berikut Isi Lengkap Pasal 338, 340 KUHP dan 55 serta 55 KUHP Serta Ancaman Hukumannya!

Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo bersama para ajudannya. Foto/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polri sudah menetapkan 2 tersangka dalam kasus pembunuhan dan penembakan ajudan Irjen Ferdy Sambo, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J (28).

Dua tersangka itu masing-masing Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dan Bharada Ricky Rizal atau Bharada RR.

Keduanya adalah anggota skuad ajudan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Menariknya, polisi menerapkan dua pasal berbeda kepada keduanya.

Bharada RR dijerat pasal lebih berat yakni tentang pembunuhan berencana sedang Bharada E hanya dijerat pasal pembunuhan.

Penetapan tersangka Bharada RR disampaikan Ketua Tim Penyidik Timsus Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Andi Rian Djajadi, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga :  Begini Kronologi Ibu Bunuh Anak Kandung di Sragen. Dikepruk Bongkahan Batu, Dicangkul Lalu Mayatnya Dibungkus Tikar

“Namanya sudah ditahan, pasti sudah tersangka,” paparnya di Bareskrim seperti dikutip Tempo.co.

Brigjen yang juga menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri itu mengatakan Brigadir RR dijerat dengan pasal berbeda dengan Bharada E.

Kepada Brigadir RR, polisi menerapkan Pasal 340 KUHP yaitu pembunuhan berencana. Mengacu KUHP, pasal ini ancaman hukuman maksimalnya adalah 20 tahun.

“(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP,” urai Andi.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Kerja Sama Ekonomi  Indonesia dan Korea Selatan Terus Ditingkatkan

Brigadir RR ditahan terhitung mulai hari ini. Andi menyebut yang bersangkutan ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri.

Penetapan RR sebagai tersangka menambah panjang daftar tersangka yang sudah dijerat dalam insiden terbunuhnya Brigadir J.

Polisi sebelumnya sudah menetapkan Bharada E sebagai tersangka. Bharada Richard Eliezer Pudihan Lumiu itu disangkakan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Adapun ancaman hukuman pasal 338 KUHP adalah maksimal 15 tahun penjara. Pasal ini tentu berbeda dengan yang disangkakan kepada Brigadir RR.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com