JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah Mitos Kampung Makmur di Dusun Jantran Pilang Sragen. Diyakini Penuh Aura Sukses, Harga Tanah Mahalnya Sudah Sekelas Ibukota

Ornamen batik dan kemegahan rumah-rumah warga di Kampung Jantran Pilang Sragen yang konon melekat mitos sebagai kampung makmur. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dikenal sebagai kampung produsen batik terbesar di Sragen, Kampung Jantran atau Dukuh Jantran di Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Sragen, ternyata menyimpan mitos menarik.

Siapa sangka, meski lokasinya agak masuk dan berada di tepi Bengawan Solo, tinggal kampung penghasil batik terbesar di Jateng itu ternyata menjadi idaman banyak warga.

Hal itu tak lepas dari mitos yang beredar jika tinggal di kampung itu akan mendekatkan seseorang dengan ketenangan dan kesuksesan.

Baca Juga :  Segera Dibuka Bazar Batik dan Kuliner di Kliwonan Masaran. Harga Dijamin Ramah di Kantong, Simak Jadwalnya!

Mitos itulah yang membuat Jantran selama ini identik dengan sebutan kampung makmur. Hampir tak ada rumah jelek di kampung itu.

Pemandangan kampung lebih dominan diisi rumah-rumah mewah dan megah dengan mayoritas berlabel pengusaha batik. Jalan-jalan masuk pun sangat mulus, mengalahkan jalan di perumahan elit.

Bahkan satu hal yang membuat berdecak adalah harga tanah di kampung itu sangat mahal.

“Iya, memang dari dulu, kampung Jantran ini sudah dikenal dengan sebutan seperti kampung makmur. Itu dari turun temurun mitosnya seperti itu. Kalau tinggal di kampung ini, ada keyakinan akan tambah sukses dan damai. Meski faktanya di sini memang banyak pengusaha batik yang sukses dan mayoritas juga hidupnya makmur. Tapi mitosnya kampung ini dari dulu seperti itu,” ujar salah satu pengusaha batik “Dewa Batik” di Jantran, Sugiyamto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (28/8/2022).

Baca Juga :  Buruan, Ada Pasar Sembako Murah di 22 Titik di Sragen. Paket Beras hingga Minyak Harga Rp 150.000 Cuma Dijual Rp 10.000

Ia menyebut hampir 80 persen warga di kampungnya memang terbilang mengandalkan usaha batik.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com