JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa KKN-T Unisri Sosialisasi UMKM Pasca Pandemi

Fardah Nur Khofifah, Mahasiswi Unisri. Foto/Istimewa

 

KARANGANYAR- Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) adalah salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Dimulai dari Senin, 18 Juli 2022 para mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta sudah diterjunkan ke desa tempat dijalankannya kegiatan KKN-T.

Para mahasiswa di bagi dalam beberapa kelompok dan disebar di beberapa kabupaten karesidenan Surakarta. Salah satunya di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

KKN-T merupakan bentuk pengabdian dari mahasiswa untuk masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya mahasiswa harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Salah satunya dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi mengenai hal-hal penting yang diperlukan masyarakat.
Kegiatan KKN-T kali ini salah satu mahasiswa bernama Fardah Nur Khofifah didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Efi Nikmatus Sholihah, SP., M.Sc mengadakan sosialisasi tentang “Pengaturan Keuangan UMKM Dalam Kebangkitan Perekonomian Pasca Pandemi”.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 bertempat di Aula Pertemuan Warga RT 03 RW 06, Dusun Sugihwaras, Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Sosialisasi pengembalian perekonomian masyarakat pasca pandemi di Dusun Sugihwaras, Desa Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. Foto/Wardoyo

Sosialisasi ini dihadiri oleh para warga yang mayoritas adalah ibu-ibu. Diawali dengan pembagian brosur sebagai media yang mempermudah audience dalam mengetahui inti dari sosialisasi.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan makan-makan dalam rangka perayaan HUT RI ke-77, sehingga berjalan santai namun tetap serius.

Selain itu kegiatan kali ini juga digabungkan dengan sosialisasi dengan judul lain namun masih bertema sama.

Beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah bagaimana cara UMKM untuk dapat mengatur keuangannya dengan baik supaya UMKM tersebut dapat bertahan dan berkembang ke arah yang lebih maju. Para audience sangat bersemangat dengan topiK yang dibawakan karena merasa hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan usaha.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Walaupun tidak semua audience memiliki usaha, namun hal ini mungkin bisa dijadikan penggerak untuk memulai membuka usaha sejak dini.

Sosialisasi ini juga untuk mendukung langkah pemerintah dalam membangkitkan UMKM guna menyokong perekonomian nasional di masa pasca pandemi.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada para warga Dusun Sugihwaras dalam menjalankan UMKM mereka. (***)

Penulis:
Nama : Fardah Nur Khofifah
NPM : 19210079
Kelas : Akuntansi 09

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com