JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pura Mangkunegaran Rayakan Kemerdekaan RI, Gelar Upacara Bendera Hingga Lomba Kemerdekaan Bersama Abdi Dalem

SIJ. KGPAA Mangkoenagoro X bersama tamu undangan lain sedang menghormati bendera Merah Putih / Foto: Ade Safana Alawiyah
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masih dalam rangka kerjasama dengan Holding BUMN Asuransi dan Peminjaman bersama Kementerian BUMN, serangkaian acara memeriahkan Kemerdekaan RI digelar di Pura Mangkunegaran.

Tepat di hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022), upacara bendera dan perlombaan digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Acara tersebut telah digelar sejak Minggu (14/8/2022) dengan berbagai rangkaian acara seperti kerja bakti, penanaman pohon, pemeriksaan kesehatan, mengajar bahasa Inggris, pemasaran, pelatihan hidroponik, dan pembagian sepatu serta peralatan sekolah untuk anak-anak abdi dalem, dan tirakatan.

Rabu (17/8/2022) juga merupakan hari terakhir dari empat hari rangkaian Program Pemberdayaan Abdi Dalem Pura Mangkunegaran. Hari terakhir tersebut diawali dengan upacara bendera, penyerahan penghargaan, perlombaan, festival merdeka, dan makan bersama.

Sebelum dimulai acara, SIJ. KGPAA Mangkoenagoro X diantar menuju lapangan oleh para prajurit lengkap dengan busana Jawa.

Iringan gamelan dan alat musik Jawa juga terdengar di lapangan dengan disediakannya tempat bagi alat-alat dan para pemain di samping tempat duduk tamu VIP.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.56 WIB dengan diikuti para relawan Bakti BUMN, abdi dalem Pura Mangkunegaran, jajaran Kementerian BUMN, hingga SIJ. KGPAA Mangkoenagoro X.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Peserta menggunakan pakaian macam-macam, mulai dari hitam putih, rompi dan helm dinas, hingga pakaian adat jawa. Petugas upacara dan instruktur upacara pun terlihat menggunakan pakaian adat Jawa Tengah.

Pihak direksi BUMN yang menjadi instruktur upacara dalam amanatnya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerasajasama dalam program tersebut.

“Ucapan terima kasih tak terhingga kepada Yang Mulia Kanjeng Gusti yang telah memberikan kesempatan kepada BUMN untuk hadir di sini untuk berperan serta dan memberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan momen kemerdekaan ini diharapkan menjadi momen bermakna meski banyak tantangan berat untuk bangkit usai pandemic Covid-19 di berbagai sektor di negeri ini. Ia berharap masyarakat mampu berkolaborasi menghadapi masa pemulihan ke depan.

Sebelum dibubarkan, bantuan berupa peralatan sekolah bagi anak abdi dalem dibagikan, berikut sepatu, peralatan hidropnonik, dan dilakukan renovasi MCK Umum. Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan barisan upacara dibubarkan pada pukul 08.40 WIB.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Warga dipersilakan mengambil makanan dan minuman gratis yang disediakan BUMN dengan menukar kupon. Berbagai jajanan disedaiakan, mulai dari nasi liwet, nasi berkat, timlo, es kapal, dawet, dan jajanan pasar.

Perlombaan dimulai pukul 10.00 WIB dengan lomba memasukkan pensil dalam botol yang diikuti anak-anak dari abdi dalem. Perlombaan terdiri dari tiga jenis, untuk dewasa, remaja, dan. untuk anak-anak.

Sepak bola daster, bola terong, dan tarik tambang merupakan jenis perlombaan untuk kategori dewasa. Bakiak, sarung gila, sepak bola terong untuk remaja. Sedangkan untuk anak-anak, selain memasukkan pensil dalam botol juga digelar lomba makan kerupuk, dan pindah bendera.

Lomba berakhir sekitar pukul 1 siang da jadwal berlanjut dengan makan siang di Pura Mangkunegaran. Pengumuman pemenang lomba dilakukan sore hari, pukul 15.30 WIB. Acara ini sekaligus menutup kegiatan Bakti BUMN untuk Surakarta yang sudah digelar selama empat hari tersebut. Ade Safana Alawiyah

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com