JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Relawan Jokowi Segera Tentukan Nama 1 Capres 2024 Melalui Musra

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia atau Musyawarah Rakyat Indonesia, Panel Barus (dua dari kiri) menjelaskan rencana pelaksanaan musra, di Kota Solo, Sabtu (16/7/2022) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Dalam waktu dekat, relawan Jokowi bakal memiliki satu nama yang akan didukung sebagai Capres pada 2024 mendatang.

Satu nama capres dari relawan Jokowi tersebut akan diperoleh melui musyawarah rakyat (Musra), yang merupakan hasil penyaringan di 34 provinsi.

“Satu, enggak pakai banyak-banyak, satu capres kita dukung ini,” tutur Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2022).

Pelaksanaan Musra Indonesia bakal dimulai tangggal 22 Agustus 2022 di Kota Bandung. Setelah itu dilakukan di lokasi lain dari 33 provinsi yang tersisa.

Panel menjelaskan, Musra dilakukan secara terbuka bagi publik tanpa mengenakan atribut identitas politik. Setiap yang hadir dipersilakan bicara dan berdiskusi, namun kesempatan tidak banyak karena ribuan orang yang bakal datang dan terbatasnya waktu.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

“Kami hanya kasih waktu 40 menit per sesi ngomong. Paling satu orang saya kasih ngomong satu setengah menit. Random itu ngomong. Setelah itu ditutup, baru e-vote,” ujarnya.

Teknis e-vote tersebut melalui formulir digital yang disediakan melalui kode batang. Lalu setiap orang yang hadir dalam Musra Indonesia dipersilakan mengisi satu nama siapa saja calon presiden yang dianggap pantas maju di Pilpres 2024.

Hasil dari Musra Indonesia, kata Panel, akan didiskusikan pihaknya bersama Joko Widodo untuk memetik satu nama. Mengingat bakal ada kemungkinan nama-nama yang berbeda dari 34 provinsi tersebut.

Namun Panel enggan menegaskan bahwa nama tersebut bakal menentukan arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024. Dia menganggap pelaksanaan Musra Indonesia sebagai ‘perekam’ dari yang disuarakan oleh publik.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Nama yang akan dideklarasikan tersebut bakal diumumkan sebelum pendaftaran Capres dan Cawapres. Kurang lebih waktu yang ditargetkan adalah Mei 2023 atau setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Kami akan diskusi sama beliau, ‘Pak ini lho hasil Musra yang udah kita gelar.’ Diskusi lah itu, setelah itu baru kami deklarasi nanti Mei (2023), habis lebaran,” ujar Panel.

www.tempo.co

 

Berikut adalah organ pelaksana Musra Indonesia:

 

  1. Projo (Pro Jokowi)
  2. Seknas Jokowi
  3. Bara JP
  4. Relawan Buruh Sahabat Jokowi
  5. GK Center
  6. Almisbat
  7. RPJB
  8. Duta Jokowi
  9. Kornas Jokowi
  10. RKIH
  11. JAMAN
  12. GAPURA
  13. Indeks
  14. KIB
  15. Sekber Jokowi Nusantara
  16. KA-PT
  17. Maluku Satu Hati
  18. Alumni Trisakti

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com