JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sariawan, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi bibir sariawan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Sariawan merupakan sakit di bagian mulut, tenggorokan dan bagian tubuh lainnya. Sariawan terjadi karena infeksi jamur. Mengutip Verywell Health, kondisi ini dapat menjadi iritasi dan menyebabkan sakit mulut dan kemerahan.

Jamur penyebab sariawan adalah Candida albicans, yang memicu tanda dan gejala seperti bercak putih di lidah, langit-langit mulut, amandel, dan tenggorokan, kemerahan atau nyeri, kehilangan rasa, dan kesulitan berbicara.

Baca Juga :  Apel Hijau Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi

Infeksi jamur ini juga sering menyerang bayi sehingga menyebabkan rewel dan mudah marah saat menyusu. Infeksi ini juga dapat menularkan sariawan kepada ibu bayi. Apabila sariawan tidak diobati, bayi dan ibu dapat menularkan sariawan satu sama lain terus menerus.

Baca Juga :  Jangan Tunggu Parah, Penyakit Hepatitis Dapat Dicegah dengan Suntik Vaksin

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan berat bayi yang sangat rendah, pengobatan segera sangat penting untuk mencegah komplikasi sariawan. Saat sariawan tidak diobati, peningkatan risiko komplikasi, seperti jamur kandidiasis memasuki aliran darah dan meningkatkan penyebaran infeksi ke bagian lain dari tubuh anda.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com