JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Warga Desa Mojulung, Bulu, Sukoharjo Bikin  17 Tumpeng Peringati HUT ke-77 RI

Masyarakat Desa Mojulung membuat 17 tumpeng dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI / Foto: Selvia Safitri
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah dua tahun absen lantaran pandemi Covid-19 tengah melanda tanah air, masyarakat kini mulai kembali semarak melakukan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77.

Salah satunya adalah masyarakat Desa Mojulung, Ngasinan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Di sini, peringatan Kemerdekaan dilakukan dengan pentas tari dan sajian makanan yang unik.

Adapun makanan yang disajikan adalah 17 tumpeng merah putih yang menyimbolkan tanggal kemerdekaan RI, 8 ingkung ayam sebagai simbol bulan kemerdekaan, dan 45 pisang rebus yang menyimbolkan tahun kemerdekaan.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Masno, selaku perangkat Desa Ngasinan menjelaskan, bahwa perayaan kemerdekaan itu adalah wujud rasa bangga serta sikap menghormati jasa para pahlawan.

“Perayaan kemerdekaan ini untuk memperingati jasa pahlawan kita serta rasa  bangga terhadap tanah air,” ujar Masno saat memberikan sambutan.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Valen, salah satu warga Desa Mojolung menjelaskan,  selama pademi tidak diadakan perayaan kemerdekaan.  Perayaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya membuat satu tumpeng sedangkan tahun ini membuat 17 tumpeng.

“Tidak ada acara selama pandemi, kalau sebelum pademi itu yang membedakan dengan tahun ini yaitu hanya satu tumpeng,” ujar Valen.  Selvia Safitri

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com