JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Jadi Kabupaten Terbaik Perintis Konvergensi Pencegahan Stunting, ini Buktinya

Stunting
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek memberikan vitamin kepada balita. Dok. Pemkab Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Daerah ujung tenggara Jateng, Wonogiri mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten terbaik II kategori Perintis Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Terintegrasi Tahun 2021 di tingkat Jawa Tengah.

Fakta itu berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 002.5/69/2021 yang ditandatangani Gubernur pada 21 Desember 2021.

Menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek capaian itu didapat atas semangat Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri yang di dalamya ada kebersamaan, totalitas dan harmonisasi yang dilakukan semua pihak. Kerja bersama itu selayaknya sebuah orkestra yang dikonduktori kepala daerah.

“Banyak instrumen yang punya peran. hasilnya capaian penurunan stunting dari 24 persen menjadi tinggal 12,8 persen. Saat ini kita sudah punya peta yang jelas dimana 222 anak yang stunting, kita akan intervensi itu,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek
usai acara Rembuk Stunting Kabupaten Wonogiri di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga :  Wujud Kristalisasi Komitmen, Wonogiri Raih Penghargaan Pembangunan Daerah alias PPD dari Bappenas

Bupati Jekek memastikan semua pihak siap mengentaskan stunting. Termasuk para kepala desa yang ingin daerahnya zero stunting.

Saat ini dilakukan pemetaan anak yang mengalami stunting sehingga penanganannya bisa lebih cepat dan tepat dilakukan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan berdasarkan datanya di tahun 2021, terdapat 4.917 anak bawah dua tahun (baduta) yang mengalami stunting. Intervensi telah dilakukan Pemkab Wonogiri terhadap ribuan anak itu.

Baca Juga :  Lagu Kopi Wonogiri dari Rou Romano Sang Penyanyi Hip-hop, Liriknya Ada 2 Versi Loh

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, jumlah ibu hamil di Kota Sukses pada awal 2022 sampai saat ini tercatat ada 7.325. Hingga Juli lalu, ada 3.763 ibu hamil yang sudah melahirkan. Data itu selalu diupdate.

“Yang dinyatakan stunting saat ini ada 222 orang,” kata Bupati Jekek.

222 anak yang stunting itu bakal diintervensi oleh Pemkab Wonogiri. Semua lini bakal nyawiji untuk mengentaskan stunting di Kota Sukses.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com