JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

5 Cara Menghemat BBM saat Berkendara

Ilustrasi kendaraan sedang mengisi BBM, Triawati
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bahan bakar minyak (BBM) digunakan untuk menyalakan kendaraan bermotor baik roda dua atau empat. Saat ini pemerintah telah memberikan sinyal kuat menaikkan harga BBM.

Untuk menyiasati mahalnya harga BBM, maka yang perlu dilakukan adalah menghembat BBM.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM saat mengendarai sepeda motor ataupun mobil. Berikut cara-cara menghemat BBM saat mengendarai Mobil.

1. Sesuaikan Kecepatan Mobil saat Berkendara

Mengutip situs Suzuki, kecepatan berkendara di atas ataupun di bawah standar berpotensi menghabiskan BBM secara cepat. Selain itu, dalam kondisi macet, BBM juga banyak terserap karena kecepatan yang tidak stabil. Karena itu, Anda diimbau untuk mengendarai kendaraan sesuai aturan kecepatan di masing-masing jalur dan kondisi.

2. Jangan Hidupkan Mesin saat Berhenti Terlalu Lama

Baik digunakan untuk berjalan atau berhenti, mesin kendaraan yang menyala menunjukkan adanya penyerapan bahan bakar. Suzuki menyarankan pengendara untuk mematikan mesin apabila sedang parkir sebentar ataupun sedang menunggu orang lain.

3. Perhatikan Penggunaan AC

Sebagai alat yang terhubung dengan komponen mesin pada mobil, AC atau alat pendingin ruangan juga mengambil tenaga atau energi pada mobil yang dihasilkan dari BBM. Karena itu, laman Good Year menyarankan Anda untuk tidak terus-menerus menggunakan AC sepanjang jalan dan sesekali mengistirahatkan kinerja alat tersebut.

4. Bersihkan Filter Udara secara Berkala

Merujuk laman resmi Good Year, filter udara yang terlalu kotor akan membuat boros BBM karena mesin bekerja lebih berat untuk mengisap udara bersih. Anda disarankan untuk mengecek dan mengganti filter udara setiap menempuh perjalanan sejauh 2.000 sampai dengan 3.000 kilometer.

5. Kurangi Beban pada Mobil

Hal lain yang sering dilupakan oleh pengendara untuk menghemat bahan bakar adalah persoalan beban pada mobil. Suzuki menyebutkan bahwa mesin akan bekerja keras apabila membawa beban yang terlalu besar. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari penempatan barang yang terlalu berat di dalam mobil.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com