JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

7 Manfaat Ampas Kopi, Sebagai Pelunak Daging Hingga Pupuk

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bubuk atau ampas kopi sisa seduhan kopi biasanya dibuang begitu saja. Terkesan hanya sampah yang harus dibuang, ternyata ampas kopi memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari Medical News Today, ampas kopi dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara, di antaranya sebagai berikut:

1. Pupuk taman

Sebagian besar tanah tak mengandung unsur hara esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Juga saat tanaman tumbuh, mereka menyerap nutrisi dari tanah, akhirnya membuatnya habis. Dengan demikian, sebagian besar kebun perlu dipupuk untuk memastikan bahwa tanaman memiliki nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Mengutip Healthline, bubuk kopi mengandung beberapa mineral penting untuk pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium, dan kromium. Mereka juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah.

Terlebih, bubuk kopi membantu menarik cacing yang sangat bagus untuk taman Anda. Untuk menggunakan bubuk kopi sebagai pupuk, cukup taburkan ke tanah di sekitar tanaman.

2. Produk pengelupasan kulit

Anda dapat mencampur bubuk kopi dengan air, madu, atau minyak kelapa untuk membuat scrub kulit yang dapat digunakan di seluruh tubuh. Pengelupasan menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit dan dapat membuka pori-pori, membersihkan kulit, dan mengurangi jerawat.

Hal ini juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Sebuah studi pada 2013 menunjukkan bahwa asam caffeic, antioksidan yang ada dalam kopi, dapat mengurangi penuaan sel dini dan meningkatkan kadar kolagen.

3. Pewarna alami

Kopi memiliki warna kuat dan ampas kopi dapat mewarnai kain secara alami menjadi berbagai warna cokelat. Sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa bubuk kopi pewarna alami potensial untuk digunakan dalam skala komersial karena kain yang diwarnai para peneliti dalam penelitian ini tetap tahan warna sesuai standar industri.

Orang juga dapat menggunakan bubuk kopi untuk mewarnai rambut mereka, meski mungkin tidak menghasilkan perubahan warna signifikan atau bertahan lama. Tapi, ini mungkin cocok untuk perubahan jangka pendek.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com