JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Antisipasi Potensi Konflik, Sebanyak 100 Anggota Asosiasi BumDes Karanganyar Gelar Diklat Keuangan

Diklat keuangan yang diikuti oleh 100 Badan Usaha Milik Desa (BumDes) anggota asosiasi BumDes Karanganyar / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sebanyak 100 orang perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang tergabung dalam wadah Asosiasi BumDes Kabupaten Karanganyar, Jateng gelar Diklat keuangan, Senin (5/9/2022).

Diklat keuangan yang diikuti 100 orang bendahara BumDes tersebut ditujukan agar pengurus BumDes bisa membuat laporan keuangan secara akuntabel dan prosedural.

Ketua Asosiasi BumDes Karanganyar, Santoso Ari mengatakan sesuai Peraturan Pemerintah PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang tata kelola BumDes disebutkan agar BumDes dikelola secara profesional dan dipertanggung jawabkan.

Baca Juga :  Sopir Ngantuk Usai Baca Berita Tragedi Sepakbola Malang, Suzuki Futura Nyungsep ke Sawah

Untuk itu dalam hal pengelolaan keuangan harus dilakukan sesuai standar PP Nomor 11 Tahun 2021 tersebut.

“Salah satu yang menonjol pada diklat keuangan tersebut adalah tentang cara membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) sehingga akuntabel terbuka dan bisa dipertanggung jawabkan kepada Musyawarah Desa (Musdes) masing-masing,’ ungkap Ketua Asosiasi BumDes Karanganyar, Santoso Ari kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (5/9/2022).

Menurut Santoso Ari, laju BumDes akan maju karena dengan laporan yang akuntabel otomatis mengeliminasi potensi konflik yang muncul karena kecurigaan terhadap SPJ.

Baca Juga :  Kabar Segar, 3.000 Warga Karanganyar Bakal Terima Bantalan Sosial Rp 600.000

Untuk itulah Diklat keuangan tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni dari Inspektorat Pemkab Karanganyar Zulfikar Hadid SH, Kepala Dispermasdes Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto S.Sos dan Dirut  PT BPR Bank Daerah Karanganyar, Haryono SE MM serta didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com