JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Bantu Petani di Desa Ngelo, Wonogiri, Mahasiswa KKN 189 UNS Gelar Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati

Mahasiswa KKN Kelompok 189 UNS tengah berfoto bersama dengan peserta sosialisasi pembuatan pestisida nabati di Desa Ngelo, Wonogiri / Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNt) Kelompok 189 UNS Surakarta  menggelar sosialisasi pembuatan pestisida nabati di Desa Ngelo, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri  pada Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melakukan praktik pertanian yang baik serta ramah lingkungan.

Informasi yang diperoleh tim mahasiswa KKN kelompok 189 UNS  menyebutkan, banyak petani setempat yang mengeluhkan adanya serangan hama, serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pengendalian hama yang baik dan efektif.

Baca Juga :  Nguri-uri Warisan Leluhur, Mahasiswa KKN 40 UNS Ajak Anak-anak di Kelurahan  Kestalan Rawat Situs Ponten Ngebrusan Mangkunegaran

“Selama ini pengendalian hama yang dilakukan petani di Desa Ngelo hanya mengandalkan pestisida kimia yan kurang ramah lingkungan,” ujar Ketua KKN Kelompok 189 UNS, Alvin Devote Azaria Ardana.

Narasumber tengah memaparkan materi dalam sosialisasi pembuatan pestisida nabati yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 189 UNS / Istimewa

Pelatihan pembuatan pupuk nabati tersebut diikuti oleh sekitar 60 peserta yang merupakan petani lokal. Hadir pula perangkat Desa Ngelo, perwakilan kelompok tani dan sejumlah warga.

“Kami sangat mengapresiasi sosialisasi pembuatan pestisida nabati ini, mengingat warga Desa Ngelo yang mayoritas berprofesi sebagai petani,” ujar Kepala Desa Ngelo, Nanik Nur Samawati dalam sambutannya.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 74 UNS Dorong Semangat Membaca Siswa Pada 3 SD di Desa Lorog, Tawangsari, Sukoharjo

Ia berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat membuka wawasan para petani untuk membuat pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan.
Adapun materi sosialisasi pembuatan pestisida nabati disampaikan oleh dosen Fakultas Pertanian UNS Surakarta, Ir Retno Wijayanti MSi dan Salim Widono SP, MP.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com