JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

Bocoran Pertanyaan pada Interview Berbahasa Inggris

Ilustrasi interview dalam bahasa Inggris. Foto: Pexels
   

Interview dalam bahasa Inggris memang tidak banyak memiliki perbedaan dengan wawancara kerja dalam bahasa Indonesia. Meskipun begitu, banyak orang yang hendak bekerja ke perusahaan mancanegara tidak paham dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan ketika interview berbahasa Inggris. Sehingga, tidak ada salahnya Anda yang hendak melaksanakan interview luar negeri untuk mencari bocoran pertanyaan yang kerap dilontarkan perekrut.

Selain itu, apabila Anda memiliki rencana untuk bisa melamar pekerjaan ke perusahaan luar negeri, tentu harus menyiapkan berbagai dokumen lamaran pendukung. Dokumen yang paling penting adalah CV bahasa Inggris, dan dengan dokumen tersebut perekrut akan bisa mengetahui dan mengenali tentang diri Anda lebih dalam.

Seperti yang kita ketahui, wawancara kerja tidak semudah berbicara dengan bahasa Inggris pada umumnya. Secara tidak langsung, Anda pun harus menyiapkan jawaban yang tepat dan menarik dari setiap pertanyaan yang dilontarkan perekrut. Maka dari itu, Anda pun harus mencari referensi mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaan Pada Interview Berbahasa Inggris

Dalam menyiapkan jawaban, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang berpotensi akan muncul dalam interview berbahasa Inggris. Simak informasi di bawah ini sampai selesai untuk mendapatkan referensi yang lebih lengkap.

1.   Can you introduce yourself?

Makna dari pertanyaan yang satu ini adalah bisakah Anda memperkenalkan diri? Pertanyaan tersebut merupakan salah satu hal yang mendasar dalam sebuah interview kerja. Anda bisa memperkenalkan diri dengan singkat dan memberikan informasi penting yang memang bisa digali oleh perekrut.

Anda bisa menyebutkan nama, usia, almamater, dan kompetensi Anda. Selain itu, Anda pun bisa menyampaikan aktivitas yang saat ini sedang Anda lakoni sehari-hari. Mulai dari hobi, sampai organisasi yang Anda ikuti.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

2.   What departement do you apply to? Why are you interested in it?

Maksud dari pertanyaan dalam interview berbahasa Inggris yang satu ini adalah posisi apa yang Anda lamar dan mengapa tertarik dengan posisi tersebut. Biasanya perekrut menggunakan pertanyaan ini untuk bisa mengetahui motivasi yang Anda miliki dalam pekerjaan yang hendak diambil. Tentunya, dalam menjawab pertanyaan ini, Anda tidak boleh main-main dan harus menampakan keseriusan dan profesionalitas.

Anda dapat menjelaskan hal yang membuat diri Anda menyukai posisi tersebut. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menjelaskan tentang kompetensi yang dimiliki untuk melakoni posisi tersebut. Selain itu, Anda pun dapat menjelaskan hobi yang berkaitan dengan posisi atau pekerjaan tersebut.

3.   Can you tell why you left your previous job?

Arti dari pertanyaan tersebut adalah kenapa Anda keluar dari pekerjaan yang sebelumnya dilakoni. Sama seperti pertanyaan dalam wawancara kerja dalam bahasa Indonesia, Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan hati-hati karena bisa saja ini merupakan jebakan. Jangan sampai perekrut memandang Anda sebagai sosok yang tidak profesional.

Anda dapat menyebutkan alasan yang tepat tanpa menjelek-jelekan perusahaan lama tempat Anda bekerja dulu. Tentunya, Anda bisa menjawab dengan hal lain, semisal menginginkan tantangan baru sehingga melamar ke perusahaan yang hendak dilamar.

4.   What if in this new place you feel the same as you did in your last work?

Pertanyaan tersebut artinya bagaimana jika perusahaan baru memiliki rasa yang sama seperti bekerja di perusahaan lama. Perlu Anda pahami bahwa pertanyaan yang satu ini sangat berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya. Jangan sampai Anda terjebak dengan pertanyaan ini sehingga membuat perekrut menilai diri Anda tidak konsisten dengan jawaban sebelumnya.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Anda dapat memberi penjelasan yang normatif. Misalnya, Anda merasa tidak masalah dengan hal itu, karena Anda senang dengan pengalaman yang baru. Apalagi jika sebelumnya Anda tidak memiliki masalah dengan perusahaan lama.

5.   When were you most satisfied with your work?

Terakhir, arti dari pertanyaan dalam interview berbahasa Inggris ini adalah kapan Anda merasa puas sekali dengan pekerjaan Anda. Pertanyaan yang satu ini merupakan salah satu perkara yang bisa saja membuat kesempatan kerja Anda di perusahaan tersebut hilang. Maka dari itu, Anda harus memberikan jawaban yang tampak profesional sehingga perekrut tidak ragu untuk mempekerjakan Anda.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan rasa puas ketika pekerjaan yang Anda lakukan selesai dengan baik dan tepat waktu. Kemudian, Anda pun bisa menyebut bahwa kepuasan dihasilkan dari pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Meskipun pertanyaan di atas tidak mutlak ada di dalam interview berbahasa Inggris, akan tetapi pertanyaan di atas merupakan beberapa yang kerap ditanyakan pada calon karyawan. Dengan begitu, Anda pun bisa mempersiapkan jawaban yang efektif dan tetap membuka kesempatan bagi karir Anda untuk berkembang lebih pesat.

Anda bisa mencari referensi lain untuk memperkaya wawasan sehingga bisa menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh perekrut. Sebab, beberapa perusahaan luar negeri tentu memiliki caranya sendiri dalam melakukan wawancara kerja. Semoga bermanfaat.

Istimewa

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com