JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jateng Targetkan Angka Stunting Turun Jadi 14% Tahun 2023

Pertemuan dalam rangka edukasi dan donasi dalam mendukung perilaku hidup bersih dan sehat / Prihatsari

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Provinsi Jawa Tengah menargetkan penurunan angka stunting di angka 14 persen tahun 2023. Saat ini, angka stunting di Jawa Tengah 20,9 persen.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jateng, Widwiono mengatakan, beberapa langkah untuk menurunkan angka stunting tersebut yaitu dengan memberikan pendampingan pada keluarga berisiko.

Angka stunting Jateng berada empat persen di bawah angka nasional. Kalau pusat menargetkan angka stunting 14 persen akhir 2024. Kalau target kami, tahun 2023 sudah di angka 14 persen. Sehingga tahun 2024 sudah di bawah 14 persen,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga :  Kena Revitaliasi, 183 PKL di Taman Jurug Dipindah ke Pasar Tradisional

Menurut Widwiono, menerjunkan 83.000 pendamping keluarga merupakan upaya untuk menurunkan angka stunting. Dimana tugas pendamping yang masuk dalam Tim Pendamping Keluarga (TPK) tersebut mendampingi sasaran secara langsung.

“Ada tiga komponen sasaran pendampingan, yakni calon pengantin, ibu hamil, dan orang tua baduta atau bayi di bawah dua tahun. Bayi bawah dua tahun yang menjadi sasaran pendampingan sekitar 20 persen dari seluruh baduta yang ada. Dari 1,1 juta jumlah baduta, itu sasarannya 2 persen, berarti sekitar 200.000. Demikian juga ibu hamil yang saat ini jumlahnya 551.000, kalau 20 persennya dari itu ada sekitar 100.000. Itu yang jadi perhatian kami dalam rangka percepatan penurunan stunting,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ketua PDIP Solo Pertanyakan Pembentukan Dewan Kolonel untuk Dukung Pencapresan Puan Maharani

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali Ratri S Survivalina menambahkan, angka stunting di Boyolali per Desember 2021 berada di kisaran delapan persen atau sudah jauh di bawah angka nasional.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com