JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kasus Viral Rambut Siswa Berkutu di Karanganyar,  Yayasan KAKAK: Langgar  Prinsip Perlindungan Anak

Rambut sang murid dibersihkan dari kutu guru Zera Ayu Fatmawati / tiktok

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Yayasan Kepedulian untuk Anak atau dikenal dengan Yayasan KAKAK menyebut konten unggahan video medsos via Tiktok tentang siswi SDN 01  Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar yang ditemukan banyak kutu dirambutnya masuk kategori kontroversial.

Pasalnya, konten video tersebut menyebut alamat sekolah siswi yang sangat memudahkan orang mengetahui identitas anak,  sehingga tidak sesuai dengan prinsip perlindungan terhadap  anak.

Selain itu,  pada video yang viral itu terdapat kontroversi,   yang jika ditelaah lebih lanjut bisa terjebak pada ranah eksploitasi anak. Apalagi,  video viral itu sampai mendatangkan perhatian artis Baim Wong yang datang ke sekolah siswa tersebut.

Baca Juga :  Bersama 900 Supporter, Bupati Karanganyar Juliyatmono Pimpin Doa Bersama  Untuk Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang

“Apapun kontennya, sebaiknya pengunggah memperhatikan aspek perlindungan anak,  sebab bisa jadi niat atau tujuannya baik,  tapi di sisi lain menyebabkan anak  tersebut dibully karena banyak kutunya dan orang tuanya juga dibully karena dianggap tidak peduli pada si anak,” ungkap Direktur Yayasan KAKAK, Shoim Syahriati kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Selain itu,  lanjut Shoim Sahriati dampak buruk lainnya juga harus diperhitungkan, yakni aspek dampak pasca video diunggah.

Baca Juga :  Nonbar Film G 30 S PKI, Bupati Karanganyar Juliyatmono: Waspada Bahaya Komunis Itu Nyata!

Misalnya, dampak pada ibu anak tersebut akan dipojokkan karena dianggap tidak bisa merawat anak atau tidak peduli terhadap anak, dan lain sebagainya.

Untuk itu, lanjut Shoim Sahriati, aspek kerahasiaan anak yang dishoting benar-benar harus dilindungi, baik namanya, wajahnya dan alamatnya guna mengantisipasi dampak pasca video diunggah.

Dalam video tersebut disebutkan SDN 01 Sewurejo sehingga akan mudah bagi orang lain mencari alamatnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com