JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Launching Gerakan Zero Waste Family System, Sukoharjo Bertahap Menuju Bebas Sampah

Pemkab Sukoharjo meluncurkan gerakan Zero Waste Family System menuju Sukoharjo Bebas Sampah / Foto: Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkab Sukoharjo meluncurkan gerakan Zero Waste Family System menuju Sukoharjo Bebas Sampah. Kegiatan peluncuran digelar berbarengan dengan World Cleanup Day (WCD) 2022 di pendapa kantor Kecamatan Gatak, Jumat (23/09/2022).

Peluncuran juga diikuti rangkaian kegiatan lain, seperti aksi pungut serta pilah sampah massal dan pembagian bibit pohon buah gratis untuk masyarakat.

Baca Juga :  Pakai Lauk Gudeg, Kapolres Sukoharjo Ajak Para Tahanan Makan Siang Lesehan Bareng. Pesannya: Tolong Jangan Jadi Resedivis!

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto kegiatan tersebut merupakan upaya mengurangi sampah pada sumbernya.

“Tujuannya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah, mendorong gerakan memilah sampah mulai dari sumber sampah dan mewujudkan pengelolaan sampah secara Zero Waste Family System. Jadi diharapkan masyarajat bertanggung jawab dengan sampahnya masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga :  Ngopi Bareng, Aplikasi Berkas Pidana Berpadu Dibahas Forkompida Sukoharjo. Simak Penjelasannya!

Terkait dengan keberlangsungan sistem tersebut, lanjut Agus, akan dilakukan pengawasan. Khususnya di masing-masing tempat pembuangan sampah yang memberikan kontribusi pengurangan volume sampah.

“Target di tahun 2025 paling tidak 30 persen pengurangan sampah dan 70 persen penanganan sampah yang sudah dihasilkan masyarakat. Sehingga total 100 persen tertangani,” bebernya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com