JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 184 UNS Meng-upgrade Sistem Penjualan UMKM di Desa Jekani, Sragen

Mahasiswa KKN Kelompok 184 UNS tengah menjelaskan mengenai digitalisi untuk sistem penjualan produk kepada pelaku UMKM kerupuk rambak di Desa Jekani, Sragen / Foto: Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diakui atau tidak menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia.

Sayangnya, selama pandemi Covid-19 kemarin, para pelaku UMKM banyak terlilit masalah, di antaranya kesulitan bahan baku, produksi dan penjualan yang merosot, distribusi terhambat hingga yang terburuk adalah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kondisi tersebut, apabila tidak segera mendapatkan solusi yang tepat, bisa menjadi ancaman bagi perekonomian Indonesia.

Demikian pula situasinya dengan para pelaku UMKM di Desa Jekani, Kabupaten Sragen. Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN kelompok 184 coba membuat langkah konkret untuk membantu para pelaku UMKM di Desa Jekani.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 383 UNS Gelar Sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk pada Pelaku UMKM di Karangtalun, Cilacap
Mahasiswa KKN Kelompok 184 UNS tengah menjelaskan mengenai digitalisi untuk sistem penjualan produk kepada pelaku UMKM bawang goreng di Desa Jekani, Sragen / Foto: Istimewa

Langkah yang ditempuh oleh mahasiswa KKN tersebut yaitu menyadarkan pemanfaatan platform digital untuk memperluas kemitraan dan jejaring. Hal ini bisa melalui kerjasama dalam bidan pemanfaatan inovasi dan teknologi.

Karena itulah, tim KKN kelompok 184 UNS Surakarta mengadakan kegiatan sosialisasi bertema “Digitalisasi UMKM Sebagai Langkah Memajukan Perekonomian Desa Jekani”.

Baca Juga :  KKN Kelompok 284 UNS Ajak Warga Menoreh Salaman Ubah Sampah Jadi Berkah

Penanggungjawab program kerja tersebut, Tiara Malika Sukma Mulia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meng-upgrade sistem penjualan dari UMKM yang ada di Desa Jekani, Sragen serta memperluas pasar mereka.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai UMKM unggulan di Desa Jekani. UMKM tersebut di antaranya UMKM Bawang Goreng & Tempe, Meubel dan UMKM Kerupuk Rambak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com