JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Terlalu Banyak Makan Buah yang Mengandung Gula Tinggi Bisa Berefek Buruk

Ilustrasi buah-buahan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah merupakan makanan alami yang kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah-buahan memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melindungi dari risiko beberapa jenis kanker, mengurangi tekanan darah dan kolesterol, dan menjaga berat badan yang sehat.

Meski menyehatkan, sebagian buah-buahan mengandung gula fruktosa yang tinggi, dan jika dikonsumsi berlebihan atau dalam bentuk pekat bisa berdampak negatif untuk kesehatan.

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi buah-buahan tinggi gula, seperti apel dan pir, melon, juga mangga dan pisang, yang ditambah dengan makanan karbohidrat lainnya bisa memiliki efek buruk pada orang dengan diabetes.

Baca Juga :  Baik untuk Penderita Diabetes, 5 Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Gula Darah

Tapi perlu diketahui bahwa fruktosa dari buah utuh dan fruktosa dalam bentuk lain tidak sama.

Dilansir dari Indian Express, berikut efek terlalu banyak fruktosa terhadap organ vital manusia.

1. Kesehatan hati

Kelebihan fruktosa diubah menjadi lemak oleh hati dalam proses yang disebut lipogenesis. Selama proses ini, molekul lemak terakumulasi di hati dan menyebabkan Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD). NAFLD adalah penyakit hati paling umum yang diidap 25 persen populasi global. Selain lipogenesis, konsumsi fruktosa berlebih juga terkait dengan peradangan hati dan stres oksidatif pada sel-sel hati.

Baca Juga :  Setiap Hari Harus Minum Air Putih Berapa Gelas?

2. Kesehatan otak

Bukti terbaru menunjukkan bahkan konsumsi fruktosa jangka pendek dapat berdampak negatif bagi kesehatan otak karena bisa memperburuk peradangan saraf, disfungsi mitokondria otak, dan stres oksidatif.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com