JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS Gelar Simulasi Bencana Berbasis Sivabel

Duduk di atas kursi roda, penyandang disabilitas ini diselamatkan oleh relawan dari bencana erupsi Merapi dalam simulasi oleh Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS / Foto: Istimewa

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Wilayah Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten heboh! Di tengah jerit tangis dan suasana hiruk pikuk, warga berhamburan mencari selamat dari bencana erupsi Merapi yang terjadi.

Tim relawan pun segera berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk menyelamatkan warga, termasauk para penyandang disabilitas yang perlu mendapat perhatian khusus.

Mereka pun lantas membuka aplikasi Sivabel untuk melihat lokasi tempat tinggal rekan-rekan penyandang disabilitas.

Setelah lokasi rekan-rekan penyandang disabilitas itu diketahui, tim segera disebar untuk melakukan evakuasi. Para penyandang disabilitas itu dibawa ke titik kumpul yang sudah ditentukan dengan kawalan polisi dan TNI.

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS sedang mendapatan briefing sebelum melaksanakan simulasi bencana berbasis sistem informasi evakuasi ramah divabel (Sivabel) / Foto: Istimewa

Dari titik kumpul, para penyandang disabilitas itu kemudian dibawa oleh tim relawan ke shelter pengungsian untuk dicek kesehatan, untuk selanjutnya diungsikan.

Seperti itulah suasana simulasi Sistem Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel (Sivabel) yang dilakukan oleh tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten, Sabtu (1/10/2022).

Inge Ammelia selaku perwakilan Tim PPK Ormawa menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan sejumlah stakeholder dengan 45 peserta yang terdiri dari para aktivis relawan bencana erupsi Merapi.

Di antaranya perwakilan dari BPBD Klaten, ULD PB BPBD Klaten, Relawan Aries Desa Demakijo, Relawan Desa Tegalmulyo, Relawan Desa Kanoman, Relawan Desa Gatak, Tim SAR Kabupaten Klaten.

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS tengah berfoto bersama sebelum melakukan simulasi / Foto: Istimewa

Ada pula perangkat Desa Demakijo dan Tegalmulyo, tim keamanan dari Kapolsek Karangnongko dan Koramil Karangnongko, serta tim kesehatan dari Puskesmas Karangnongko dan Camat Karangongko.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com