JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Tips Pemasangan Plafon Gypsum Aman dan Efisien di Rumah

Ilustrasi plafon gypsum. Pixabay
   

Pemilihan material yang tepat untuk plafon rumah sangatlah penting untuk dilakukan. Selain demi alasan keamanan, hal ini penting karena berpengaruh pada estetika rumah. Salah satu jenis plafon yang banyak digunakan saat ini adalah plafon gypsum dengan beragam keunggulannya. Bahkan penggunaan plafon berbahan gypsum ini sudah dilakukan sejak lama.

Plafon yang menggunakan material gypsum memiliki banyak kelebihan. Pertama, bahan ini relatif lebih murah dan cara pemasangannya juga terbilang mudah jadi prosesnya cepat. Dari segi estetika juga sangat memuaskan karena material ini bisa menghasilkan tampilan plafon yang bersih dan menarik.

Pemasangan Plafon Berbahan Gypsum

Proses pemasangan plafon dengan bahan gypsum ini sebenarnya cukup mudah. Terbilang mudah jika dibandingkan dengan material plafon yang lain. Supaya hasilnya sempurna, cobalah untuk menerapkan beberapa tips pemasangan plafon gypsum berikut ini:

1. Hitung Luas Area Pemasangan

Tips pertama, hitung dulu luas area pemasangan plafon. Banyak orang memilih untuk memasang plafon secara bertahap agar bisa menghemat biaya pemasangan. Jadi lebih baik tentukan dulu ruangan mana yang akan dipasangi plafon. Jika memungkinkan maka sangat disarankan untuk langsung memasang plafon di semua area rumah jadi bisa selesai dalam satu kali kerja.

Penghitungan area pemasangan ini sangat penting karena menentukan berapa banyak gypsum yang dibutuhkan. Jika sulit untuk melakukan pengukuran sendiri maka mintalah bantuan dari orang yang berpengalaman. Jangan sampai pemasangan plafon gagal di tengah jalan karena Anda tidak melakukan pengukuran dengan benar.

2.  Lakukan Evaluasi Ketinggian

Selanjutnya jangan lupa lakukan evaluasi ketinggian ruang. Tidak hanya luas plafon saja yang harus diukur, ketinggian ruang juga harus dipikirkan. Ruang yang dimaksud di sini adalah ruang yang akan dipasangi plafon gypsum. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pemasangan wall angle dan rangka plafon sehingga plafon bisa terpasang dengan kuat.

Baca Juga :  Tips Merawat Kulkas Agar Tahan Lama atau Awet

 

Silakan lakukan pengukuran ketinggian ruangan memakai meteran. Jika sudah diukur maka buatlah penanda berupa garis. Garis ini nantinya akan dijadikan sebagai acuan jarak. Jarak inilah yang akan dimanfaatkan sebagai petunjuk saat proses pemasangan wall angle dan rangka tadi dilakukan.

3.  Persiapkan Peralatan yang Lengkap

Segera persiapkan peralatan apa saja yang akan dibutuhkan dalam proses pemasangan plafon. Tentu saja pemasangan plafon ini harus dilakukan dengan cermat dan semua alat yang dibutuhkan harus dilengkapi terlebih dahulu. Sebaiknya konsultasikan pada orang yang sudah berpengalaman, alat apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin memasang plafon dengan bahan gypsum.

 

Pastikan bahwa semua alat yang dipersiapkan ada dalam kondisi yang bagus. Pemasangan plafon ini akan sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan rumah. Jangan sampai alat yang digunakan untuk memasang plafon tidak berkualitas atau rusak sehingga pemasangannya tidak berjalan optimal.

4.  Pilih Desain Plafon yang Cocok

Jangan lupa untuk memilih desain plafon yang paling cocok. Maksudnya adalah cocok dengan selera pribadi dan cocok juga dengan desain ruangan yang akan dipasangi plafon. Perlu diketahui bahwa selain cat dinding, desain plafon juga akan sangat berpengaruh pada suasana atau nuansa di dalam ruangan. Itulah mengapa sangat penting untuk memikirkan desain plafon gypsum yang paling pas.

Coba saja cari referensi dari internet seperti apa desain plafon dari gypsum. Biasanya ada banyak sekali ide desain plafon yang menarik dan Anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk dipakai. Masalah desain ini juga bisa didiskusikan dulu dengan penghuni rumah yang lain jadi hasil akhirnya bisa memuaskan semua orang yang ada di dalam rumah.

Baca Juga :  Tips Merawat Kulkas Agar Tahan Lama atau Awet

5.  Gunakan Jasa Pasang Plafon Tepercaya

Tidak perlu pusing bagaimana caranya memasang plafon berbahan gypsum di rumah. Anda bisa menghubungi jasa pasang plafon gypsum yang berpengalaman dan bisa dipercaya. Ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Anda tinggal menghubungi jasa tersebut lalu mendiskusikan rencana pemasangan plafon. Pengukuran juga bisa dilakukan oleh jasa tersebut secara langsung.

Pemasangan plafon dari bahan gypsum dengan jasa yang tepercaya akan memberikan hasil memuaskan. Apalagi jika tim yang bekerja sudah profesional, artinya plafon akan terpasang dengan kuat. Mudah juga bagi Anda untuk mendiskusikan desain plafon dengan mereka agar bisa lebih cepat diwujudkan. Lebih dari itu, Anda tidak perlu repot mempersiapkan peralatan sendiri.

Plafon berbahan gypsum ini memang sangat populer dan sudah banyak digunakan di rumah-rumah. Kualitasnya bagus dan dari segi estetika juga sangat menarik. Tinggal disesuaikan saja model atau desainnya dengan konsep rumah secara keseluruhan. Jangan lupa pilih jasa pasang yang tepercaya dan memang bisa memberikan kualitas plafon terbaik di rumah Anda.

Pemasangan plafon di rumah bisa Anda percayakan kepada jasa pasang plafon gypsum sekatpartisi.com. Kualitasnya dijamin bagus dan hasil pemasangannya juga kuat. Tim yang bekerja tentu sudah berpengalaman melayani pemasangan plafon gypsum berulang kali. Jadi langsung saja konsultasikan keinginan Anda dan atur waktu pemasangan plafon secepatnya.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com