JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bijak Konsumsi Parasetamol, Jika Berlebihan Bisa Datangkan Efek Samping Ini

minum obat
Ilustrasi minum obat. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM Parasetamol merupakan salah satu obat pereda sakit kepala, nyeri sendi, dan menurunkan demam. Obat itu telah lama digunakan oleh semua orang, mulai dari anak-anak dan orang dewasa karena umumnya aman, harga yang terjangkau, dan efektif untuk dipakai.

Meski demikian, parasetamol memiliki efek samping jika dosis yang dikonsumsi terlalu banyak atau digunakan secara berlebihan.

Dan jika digunakan secara secara berlebihan dalam jangka waktu panjang, bisa menimbulkan risiko kesehatan berbahaya. Berikut ini penjelasan lengkap tentang penggunaan parasetamol dan efeksampingnya.

Baca Juga :  Fenomena Lato-lato Bisa Gantikan Gadget? Simak Dampak Positif dan Negatifnya!

Bagaimana Jika Mengosumsi Parasetamol Secara Berlebih?

Tentu bukan parasetamol saja, semua obat akan memiliki efek sampingnya semisal digunakan secara berlebihan. Jika anda ingin memakainya dengan aman, maka anda perlu mendapatkan rekomendasi langsung dari dokter atau mengetahui dosis yang tepat dalam penggunaannya.

Dan untuk parasetamol, salah satu perhatian utama adalah bagaimana dosis obat penghilang rasa sakit yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati yang bisa berakibat fatal dan sulit diobati. Suatu penelitian dari University of Edinburgh pada tahun 2017, yang dikutip dari ed.ac.uk, mengungkapkan bahwa efek parasetamol menyerang sel hati.

Baca Juga :  Sederet Risiko Kurang Makan Buah dan Sayuran

Para ilmuwan mempelejarinya dengan melihat dampak parasetamol pada sel-sel hati pada jaringan manusia dan tikus. Penelitian menunjukan bahwa parasetamol nampaknya bisa merusak bagian hati dalam pengaturan tertentu, dengan merusak koneksi struktural penting antara sel-sel yang berdekatan dalam organ.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com