JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Inovasi Si-Informan untuk Peningkatan Pengawasan Sumber Daya Perikanan WKO

Pokwasmas WKO saat melakukan penyebaran benih ikan. Foto/Istimewa

Oleh: drh. Puri Hudayanti

Untuk meningkatkan pengawasan sumberdaya perikanan di Waduk Kedung Ombo, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen menginisiasi inovasi adanya Sistem Informasi Pengawasan (Si-Informan).

Inovasi ini adalah sistem informasi berbasis android dimana memudahkan anggota kelompok masyarakat pengawas (Pokwasmas) dan masyarakat umum untuk menginformasikan adanya kegiatan –kegiatan yang dapat mengganggu sumber daya perikanan di Waduk Kedung Ombo.

Seperti penangkapan ikan dengan penggunaan strom, penangkapan ikan dengan alat tangkap yang tidak sesuai ketentuan, pencemaran air waduk ataupun kejadian upwelling yang sering terjadi di Waduk Kedung Ombo.

Baca Juga :  Ratusan Perangkat Desa di Sragen Geruduk DPRD. Kompak Tuntut Revisi Perbup

Sistem berbasis android ini telah diluncurkan pada tanggal 21 November 2022.

Pokwasmas adalah kelompok masyarakat pengawas yang dibentuk dari dan untuk masyarakat dengan prinsip kesukarelaan dengan tujuan melindungi sumberdaya perikanan.

Anggotanya mayoritas nelayan Waduk Kedung Ombo dan masyarakat sekitar yang peduli akan kelestarian sumber daya perikanan.

Di Waduk Kedung Ombo Kabupaten Sragen terdapat 7 Pokwasmas yang tersebar di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sumberlawang dan Kecamatan Miri.

Dengan adanya Si-Informan diharapkan dapat mempermudah pelaporan bagi anggota Pokwasmas maupun masyarakat umum sehingga kegiatan kegiatan yang dapat mengganggu Sumberdaya Perikanan di Waduk Kedung Ombo cepat terlaporkan, cepat teratasi dan dapat diminimalisir.

Baca Juga :  Ribuan Perangkat Desa Demo di Jakarta, Ratusan Perangkat di Sragen ke DPRD Tuntut Ini!

Tidak hanya anggota Pokwasmas saja yang dapat mengakses Si-Infotman, masyarakat umum juga dapat mengakses karena aplikasi ini selain terdapat fitur untuk anggota Pokwasmas juga fitur untuk masyarakat umum, sehingga masyarakat umum juga dapat mengakses dan melaporkan.

Si-Informan dapat diakses di https://siinforman.sragenkab.go.id. (***)

Penulis adalah PNS menjabat Subkor Pelestarian Sumber Hayati Perairan dan Penangkapan Ikan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com